Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Air Terjun Toroan perpaduan cantik antara air terjun dengan pantai

Air terjun Toroan, salah satu destinasi wisata favorit selain pantai dan pegunungan kapur, yang terletak di madura berasal dari aliran sungai kol pajung dan bermuara langsung ke laut jawa ini terletak di Desa Ketapang Timur, Kecamatan Ketapang-Kabupaten Sampang. Air terjun ini mencapai ketinggian  +10 meter dari permukaan air laut  dan letak jatuhnya air terjun bermuara langsung ke laut lepas pantai utara sehingga menjadi pesona tersendiri dan menjadikan air terjun ini berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Akses jalan menuju Air Terjun Toroan cukup mudah karena disana terdapat angkutan umum yang beroperasi menuju lokasi. Ada dua jalan alternatif yang dapat di tempuh ketika berangkat dari Surabaya. Setelah melewati akses tol jembatan suramadu, Alternatif pertama yaitu melewati jalur lintas selatan melalui akses nasional bangkalan-sampang (tanahmerah-blega-jrengik-kedundung-ketapang) dengan jarak terjauh sekitar 115 km. Alternatif kedua yaitu melalui jalur pantura akses nasional Bangkalan-Sampang (Kota Bangkalan-Kec. Tanjung bumi-Kec. Banyuates-Kec. Ketapang) dengan jarak tempuh sekitar 80 km.

Dengan dukungan panorama alami laut jawa dan posisi air terjun, maka disaat matahari tenggelam (sunset), kawasan air terjun toroan ini sangat direkomendasikan untuk menjadi objek fotografi.

Dengan inisiasi warga, saat ini air terjun toroan telah terkelola dengan baik oleh masyarakat setempat, para pengunjung juga dapat menikmati kegiatan kuliner, sekaligus dapat menikmati suasana pantai dan pemandangan air terjun toroan sambil menyantap ikan bakar khas pantai toroan.

Dalam rangka pengembangan berkelanjutan kedepan, pemkab sampang telah melakukan kajian pada tahun 2013, dan telah menghasilkan dokumen teknis berupa study kelayakan (Feasibility study) untuk kawasan wisata air terjun toroan tersebut. Rencana pengembangan selanjutnya akan dilakukan dengan sistem pengelolaan destinasi wisata lokal berbasis masyarakat, pembangunan dan sistem pengelolaan akan dilakukan secara sinergi antara pemerintah dan masyrakat setempat, sehingga akan berdampak positif bagi perkembangan perekonomian masyarakat setempat terutama disekitar kawasan.(topik)

Read 272 times Last modified on Kamis, 02 Maret 2017 04:41
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments