Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Buah siwalan dan singkong rebus manjakan pengunjung menikmati pemandangan Pantai Ropet

foto udara pantai ropet pulau giliiyang sumenep foto udara pantai ropet pulau giliiyang sumenep

Pantai Ropet merupakan salah satu pantai yang berada di ujung timur desa Banraás – Gili Iyang pantai yang memiliki banyak sekali terumbu karang dan bisa dikatakan karang mendominasi disana. Pantai Ropet  merupakan cikal bakal tertulisnya AL-Qurán Se Jimat yang ditulis oleh Kyai Siim bin Simati bertempat tinggal di Pantai Ropet.  Awal mula pembabatan Pantai Ropet tidak lepas dari pengaruh dan perjuangan dari seorang Ulama’ dan Petapa bernama Juk Muhammad. Di Ujung Tahun 2016 atas inisiatif dan perjuangan Ahyak Ulumuddin atau yang dijuluki Ki Ageng Ropet, Pantai Ropet dibuka menjadi destinasi wisata di Pulau Gili Iyang.

Lokasi Pantai Ropet sangat bisa dijangkau, Dari tempat perahu kita bersandar, hanya berjarak kira-kira 3 km menuju Pantai Ropet.  Wisatawan bisa menggunakan ojek Odong-odong (Motor Viar atau Tossa) warga setempat, kita bisa sambil menikmati jejeran pohon kelapa yang berada di pinggir jalan menuju Pantai Ropet. Walaupun tidak berpasir layaknya pantai pada umumnya keindahan serta keeksotisan pantai ini tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Terbukti dengan banyaknya pengunjung wisatawan yang telah datang menikmati langsung.

Selain itu bentuk pantai Ropet yang unik karena melengkung ke dalam seperti sebuah teluk menjadikan pantai ini semakin menarik saja. Dengan diapit oleh dua tebing yang memiliki ketinggian cukup curam. Air laut di pantai Ropet juga sangat bening dan memudahkan kita untuk bisa melihat secara jelas terumbu karang yang ada di bawah laut. Bila sore hari tiba kita bisa menikmati sunset dengan pemandangan pantai yang begitu indah. Setiap spot yang ada di Pantai Ropet ini sangat cocok untuk dijadikan tempat berselfie /mengambil gambar dan menjadikan momen indah tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ropet.

Banyaknya pohon kelapa dan Pohon Siwalan yang ada di Gili Iyang ini tidak disia – siakan begitu saja oleh para penduduk, terbukti dengan menu khas yang disajikan buat wisatawan yaitu Minuman Siwalan, Gula siwalan, Singkong dan banyak yang lainnya. Para Wisatawan yang suka snorkeling dan diving juga tidak akan melewatkan begitu saja terumbu karang yang begitu mempesona.  Terumbu karang dan ikan yang bermain – main di dalam karang seperti mengajak kita untuk berenang ke dalam dan melihat langsung. Ekosistem bawah laut di pantai Ropet ini juga masih terjaga kelestariannya. (Nin)

Read 63 times Last modified on Kamis, 31 Agustus 2017 02:03
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments