Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

BPWS Berdayakan Pelaku Pariwisata di Kabupaten Pamekasan

Pamekasan – Dalam mendorong peningkatan SDM pariwisata di pulau Madura, BPWS untuk yang kedua kalinya menyelenggarakan pelatihan pariwisata di Kabupaten Pamekasan. Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 21 – 22 Mei 2014 di Hotel New Ramaya, merupakan serangkaian kegiatan pemberdayaan masyarakat selama 4 bulan di bidang pariwisata. Acara ini diikuti sebanyak 26 peserta yang berasal dari perwakilan objek wisata, usaha pariwisata, organisasi pemuda dan penggiat pariwisata di Kabupaten Pamekasan.

Kegiatan yang berlangsung selama 2 hari ini disambut baik oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan. Bapak Dr. Alwi, M.Hum selaku Sekretaris Daerah Kabupaten Pamekasan yang turut memberikan sambutan dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa kita menyadari belum banyak yang bisa kita lakukan untuk pembangunan pariwisata di Kabupaten Pamekasan, walaupun dalam beberapa perencanaan dan pembangunan objek pariwisata telah dilakukan. Pada kesempatan itu, Bapak Sekda juga banyak berharap penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan BPWS ini berdampak positif bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pamekasan. “Melalui forum ini, kita bisa saling membangun kesepahaman untuk membangun impian-impian besar tersebut, menggerakkan roda perekonomian masyarakat melalui pembangunan pariwisata” jelasnya.
Kemudian pelatihan lebih lanjut dibuka secara resmi oleh Wakil Kepala BPWS, Drs. Herman Hidayat, SH.,MM,. Dimana dalam sambutannya lebih menitikberatkan pada bagaimana mendorong munculnya pelaku-pelaku pariwisata. Baik sebagai pemandu atau pemiliki tours and travel. “Pamekasan itu memiliki potensi pariwisata yang banyak. Sekarang tinggal bagaimana kita mengemas dan menjualnya. Karena inti pariwisata itu terletak pada masyarakat. Masyarakat harus memiliki sense of belonging dan sense of responsibility”. tutur pria kelahiran Sumenep dengan penuh semangat.

Dalam pelatihan ini, peserta diberi beberapa materi, seperti potensi pengembangan pariwisata Kabupaten Pamekasan, teknik pemanduan, penyusunan paket wisata dan blog pariwisata. Untuk memaksimalkan kegiatan ini, BPWS sengaja menghadirkan pembicara yang berkompeten dan berpengalaman, yaitu Drs. Ec. AM Yuliyanto, MM. dari Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pamekasan, T. Anita Sonya Lestari, SS, praktisi pramuwisata Propinsi Jawa Timur, dan Jhonny J. Koraag, SE, dari praktisi sekaligus owner SPARTA Tour and Travel Surabaya serta Primatar Kuswiradyo,ST, MT, akademisi dari Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya Malang.
Selama berlangsungnya acara, para peserta nampak begitu bersemangat dalam mengikuti serangkaian pelatihan ini. Kemudian di akhir kegiatan, dibentuk dan dipilih koordinator Forum Pariwisata Madura untuk wilayah Pamekasan. Dengan besar harapan, forum ini dapat menjadi wadah berhimpun dan berkomunikasi bagi pelaku-pelaku pariwisata dalam mempercepat pembangunan pariwisata di Kabupaten Pamekasan.(abu)

Read 12549 times Last modified on Minggu, 22 Juni 2014 18:28
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments