Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Masyarakat Sampang Dilatih menjadi Pelaku Wisata yang Professional

Sampang – Setelah melatih pelaku pariwisata di Kabupaten Sumenep dan Pamekasan, BPWS kembali mengadakan pelatihan untuk masyarakat Kabupaten Sampang menjadi pelaku pariwisata Pada Jum’at (13-14/06/2014). Pelatihan diselenggarakan di Hotel Camplong, merupakan rangkaian dari program pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pariwisata Madura. Pelatihan ini melibatkan 26 peserta yang berasal dari perwakilan kacong cebbing, organisasi pemuda, petugas objek wisata, pelaku usaha pariwisata, dan dinas pariwisata Kabupaten Sampang.

Abu Tholib selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan bahwa BPWS untuk yang ketiga kalinya menyelenggarakan pelatihan pariwisata, yaitu di Sumenep, Pamekasan dan kali ini di Kabupaten Sampang. “Kegiatan ini merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang telah diselenggarakan sejak bulan April dan akan berakhir pada bulan Juli 2014”. Dalam laporannya : dikatakan bahwa di akhir kegiatan ini akan dibentuk koordinator Forum Pariwisata Madura untuk wilayah Sampang. Forum ini dapat menjadi wadah berhimpun dan berkomunikasi bagi pelaku-pelaku pariwisata dalam mempercepat pembangunan pariwisata di Kabupaten Sampang. “Di akhir kegiatan ini kita akan membentuk Forum Pariwisata se- Madura, yang mana Forum tersebut akan menjadi wadah berhimpunn dan berkomunikasi pelaku-pelaku pariwisata se- Madura dan Forum tersebut nantinya akan membantu BPWS dalam menyelenggarakan kegiatan khususnya di bidang Pariwisata.

Pembentukan forum ini akan bersamaan dengan grand lauching Atlas Pariwisata Madura. Tutur pria kelahiran Sumenep. Sementara Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan dan Komunitas Masyarakat BPWS, Tadjus Subki dalam sambutannya mengatakan bahwa BPWS didalam peran sertanya di Madura dilandasi dengan Peraturan Presiden No. 27 Tahun 2008 jo No. 23 Tahun 2009. Di sini BPWS mengemban tugas-tugas yang diamanahkan dalam Perpres tersebut, antara lain salah satu tugas BPWS adalah Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Rangka Industrialisasi di Pulau Madura. “Sesuai dengan amanah Perpres tersebut, BPWS bermaksud untuk meningkatkan Sumberdaya Manusia di Madura dalam industrialiasi di Madura, termasuk di bidang pariwisata. Industri ini akan menjadi salah satu objek pengembangan yang akan dilakukan oleh BPWS”, jelasnya.

Selanjutnya pelatihan yang berlangsung 2 hari ini dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sampang, H. Fadhilah Budiono. Dalam sambutannya mengatakan bahwa pariwisata Madura itu jalan tapi gak jalan ? Mungkin karena kondisi sosial budaya masyarakat Madura yang agamis. Di Madura, wisata yang banyak dikunjungi adalah wisata ziarah. “Dengan pelatihan ini saya berharap peserta lebih terbuka untuk pengembangan pariwisata di Sampang. Setelah pelatihan ini mari kita bersama-sama memikirkan untuk pengembangan pariwisata khususnya di Sampang”. Tuturnya. Materi yang akan diberikan dalam pelatihan ini berkaitan dengan potensi pengembangan pariwisata Kabupaten Sampang, yaitu : teknik pemanduan, penyusunan paket wisata dan blog pariwisata. (abu)

Read 11068 times Last modified on Jumat, 27 Juni 2014 04:43
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments