Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Usai Tiga Kabupaten, BPWS Latih Pemuda Bangkalan

Berdayakan Pelaku Wisata

Sampang –Setelah sebelumnya pemuda dan pemudi di tiga kabupaten di Madura, yakni Sumenep, Pamekasan dan Sampang, BPWS kembali melatih pemuda pemudi Bangkalan dalam bidang pariwisata. Ini merupakan rangkaian dari pelatihan pengembangan wisata dengan menyasar para pelaku wisata di Madura. Pelatihan itu sendiri digelar sehari menjelang puasa di Sampang, 27 – 28 Juni. Kegiatan ini merupakan upaya BPWS

memberdayakan sektor wisata sekaligus berupaya mencetak pengusaha yang bergerak di sektor pariwisata terampil. “Pariwisata merupakan sektor perekonomian yang dinamis dan bisa memberikan multiplier effect bagi perekonomian masyarakat. Kami berharap, akan lahir entrepreneur dari sektor ini. Mungkin di bidang tour and travel, blogger wisata dan lain sebagainya,”ujar Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan dan Komunitas Masyarakat, Drs Tadjus Subki SH MM di sela – sela acara.

Pelatihan yang digelar di Hotel PKPRI Trunojoyo Sampang ini, merupakan rangkaian kegiatan dari program pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan pariwisata Madura. Peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah mayoritas pemuda - pemudi yang berdomisili di sekitar objek wisata di Kabupaten Bangkalan, yang berjumlah 26 orang. Kegiatan pelatihan pariwisata yang berlangsung selama dua hari ini dibuka Wakil Kepala BPWS, Drs. Herman Hidayat, SH.,MM,. Dalam sambutannya Herman Hidayat menegaskan, sebenarnya masalah pengembangan pariwisata itu gampang – gampang susah. Gampang diucapkan sulit dikerjakan. “Inti dari pariwisata itu bagaimana tamu senang datang ke tempat kita dan bisa melihat dan bisa berbelanja. Pariwisata itu jualan dan bagaimana dagangan kita itu bisa laku. Namun dalam konteks Madura, harus selaras dengan nilai kulturnya,” katanya. Herman menambahkan, peserta tersebut disini dididik menjadi orang yang terampil dalam memandu pariwisata.

Pada pelatihan ini, peserta akan dididik agar terampil memandu, menyusun paket wisata dan memasarkan pariwisata via internet. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari pelatihan ini, tim BPWS sengaja menghadirkan pembicara yang memiliki kompetensi dan berpengalaman di bidangnya. Turut hadir sebagai pembicara, yaitu Drs. M. Syamsul Arif, Pemerhati Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangkalan, T. Anita Sonya Lestari, SS, Praktisi Pramuwisata Propinsi Jawa Timur, dan Jhonny J. Koraag, SE, dari praktisi sekaligus owner SPARTA Tour and Travel Surabaya serta Sovia Rosalin, S.Kom., S.AP., M.AB, akademisi teknologi informasi dari Universitas Brawijaya Malang. Kegiatan ini berlangsung dengan tertib dan baik karena hadir juga sebagai moderator, yaitu: Ha’i, dari Pemerhati Sektor Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bangkalan, Endah Nursiskawati; Praktisi Pariwisata, Lela Trisnawati; pemilik rumah makan Ole Olang dan Agus Marzuki; Praktisi Pariwisata Kab. Bangkalan. Sedangkan materi yang diberikan berkaitan dengan potensi pengembangan pariwisata Kabupaten Bangkalan, teknik pemanduan, penyusunan paket wisata dan pembuatan blog pariwisata.

Para peserta dalam mengikuti pelatihan ini nampak semangat dan gembira. Mereka berharap agar pelatihan ini tidak berhenti pada takaran ini, namun ada kegiatan-kegiatan yang berkesinambungan. “Ini sangat positif. Kami berharap BPWS terus melakukan kegiatan-kegiatan sejenis dan ada kesinambungan dan monitoring. Sehingga manfaat lebih besar bisa dirasakan masyarakat Madura,” ujar Fahyu Bilal Kurniawan, salah satu koordinator peserta pelatihan. Pada akhir kegiatan dibentuk dan dipilih koordinator Forum Pariwisata Madura untuk wilayah Kab. Bangkalan. Dengan harapan, forum ini menjadi wadah berhimpun dan berkomunikasi bagi pelaku-pelaku pariwisata dalam mempercepat pembangunan pariwisata Kabupaten Bangkalan sekaligus menyebarkan pengetahuan dan keterampilan yang telah didapat selama mengikuti pelatihan. (abu/coy/pip)

Read 12239 times Last modified on Selasa, 14 Oktober 2014 07:46
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments