Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Pengembangan Infrastruktur Jalan Di Pulau Madura

Selasa 23 Juli 2013 pukul 7.30-9.00 wib, Radio Suara Akbar (SAS) Surabaya sebagai radio dakwah dan kajian islam yang berfrekuensi di 107,5 FM telah mengadakan talkshow dan dialog interaktif Kepala BPWS Ir.Moh. Irian, M.Eng.Sc, Kepala BBPJN V Dirjen Bina Marga Kemen PU Dr.Ir. Masrianto, Kabid Pelaksana Khusus Wilayah Jawa Timur Ir. Hari Suko

Setiono, dan Ka Satker Metropolitan I Tutuk Suryo Jatmiko. Pemeliharaan dengan tujuan agar jembatan Suramadu tidak hanya menjadi kebanggan tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat Indonesia dan Jawa Timur pada umumnya dan masyarakat Madura pada khususnya. BPWS merupakan singkatan dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura bertekad memajukan daerah Madura dengan menggali dan mengembangkan potensinya agar dapat bersaing di kanca nasional bahkan di internasional diharapkan hal ini dapat menjadi kesempatan bagi setiap elemen masyarakat di Madura untuk bangkit dan berdaya. Tema yang diusung adalah Pengembangan Infrastruktur Jalan Di Pulau Madura.

Peran BPWS selaku Badan yang mempercepat pembangunan wilayah Suramadu yang bertugas untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di wilayah Suramadu sehingga menjadi pusat ekonomi di Jawa Timur. BPWS sebagai fasilitator melakukan pendekatan-pendekatan diantaranya pendekatan pelatihan SDM , pembagunan infrastruktur, dan fasilitasi masuknya pihak swasta. BPWS menfasilitasi agar pemerintah pusat ikut menangani Madura. BPWS juga menyiapkan konsep-konsep kerangka besar dalam rencana induk yang menintegrasikan program-program pusat, provinsi, dan kabupaten.

BBPJN V menangani infrastruktur jalan di Provinsi Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. BBPJN V bertanggung jawab pada jalan nasional di Madura yang panjangnya sekitar 180 km termasuk jembatan. BBPJN V menangani 155 km dengan kondisi  relatif mulus dan melaksanakan pemeliharaan jalan. Di Madura ada beberapa jalan lintas, yaitu lintas utara, lintas selatan dan lintas pantai selatan. Tahun 2013, terdapat amanah untuk membangun jalan lintas selatan dalam percepatannya. Pendanaan untuk tahun 2013 terdapat 2 macam slot anggaran diantaranya regular APBN sebesar 19,8 milyar yang di prioritaskan untuk pemeliharaan jalan nasional 211 milyar ,dan 9 milyar untuk perencanaan dan pengawasan yang masih daam proses satuan 3 istilahnya DIPA.

Bentuk infrastruktur lain yang akan dikembangkan di Pulau Madura selain pelebaran jalan adalah jaringan listrik, air bersih, jaringan telepon, irigrasi, pelabuhan maupun perumahan. BPWS melakukan koordinasi dengan Kementerian yang terkait dari infrastruktur tersebut yang dilandasi dengan payung hukum diatasnya. (adilia a)

Read 3339 times Last modified on Jumat, 26 Juli 2013 06:17
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments