Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

MENULIS HARUS DEKAT DENGAN MEMBACA

Tretes – Dalam rangka menyediakan informasi yang tepat dan akurat bagi masyarakat dan calon – calon investor serta pelaku usaha tentang segala aspek – aspek yang berkaitan dengan pengembangan wilayah di Surabaya dan Madura seperti potensi, insfrastruktur, wisata, industri, dll, BPWS mengadakan Workshop dan pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan dua hari mulai tanggal 2 September 2013 di Tretes Raya Hotel dan Resort .

Dengan mengundang pakar - pakar jurnalistik yang bertindak sebagai narasumber, mantan pemred dan penulis aktif Jawa Pos Didik Puji Yuwono dan Heti Palestina Yunani dari Radar Surabaya. Sementara itu bertindak selaku moderator adalah founder radio SAS Surabaya Nunu Budi Wibowo dan Kepala Divisi Hubungan Kelembagaan dan Komunitas Masyarakat BP-BPWS, Pandit Indrawan.

[quote align="center" color="#999999"]"yang terpenting dalam jurnalistik harus selalu ada lingkaran yang tidak bisa putus, yaitu pengumpulan, pengolahan, pengukuran, dan penyajian data dan informasi yang akurat"[/quote]Acara yang dibuka oleh wakil kepala Bapel BPWS Herman Hidayat ini, juga sekaligus menjadi ajang untuk melaunching new website BPWS. Dalam pembukaanya beliau memaparkan “ yang terpenting dalam jurnalistik harus selalu ada lingkaran yang tidak bisa putus, yaitu pengumpulan, pengolahan, pengukuran, dan penyajian data dan informasi yang akurat”.Dengan memiliki tampilan yang baru dan interakftif website BPWS akan dapat selalu memberikan informasi terkait perkembangan wilayah Surabaya dan Madura.

Dalam acara pelatihan tersebut, para peserta terlihat sangat antusias untuk mengikuti acara yang berlangsung dengan santai. Terlihat dengan banyaknya berbagai pertanyaan disampaikan peserta kepada narasumber. Dalam pelatihan ini Didik Puji Yuwono menyampaikan, menulis itu bukan bakat, akan tetapi adalah faktor kemauan dan keberanian untuk menulis. Disampaikan juga, jika ingin bisa menulis sudah seharusnya kita dekat dengan membaca, sehingga jangan sampai ada jarak dengan membaca. Tak luput dari perhatian narasumber lainya, Heti Palestina yunani juga menyampaikan bahwasanya kecermatan dalam menulis untuk ejaan dan pemenggalan kata juga patut diperhatikan. Karena hingga sampai saat ini kesalah fundamental semacam itu masih sering dijumpai di dunia Jurnalistik, baik media cetak mauput elektronik.

Para peserta pelatihan juga diberi kesempatan mengunjungi tempat wisata air terjun Kakek Bodo yang berada di dekat lokasi acara untuk mencari angel dan mengail ide untuk bahan pelatihan menulis. Dari bahan yang telah didapat para peserta akan mencoba mempraktekkan menulis sebuah artikel atau berita untuk ditampilkan ke dalam website BPWS. Alhasil beragam artikel dan berita yang dapat dibuat oleh para peserta pelatihan jurnalistik kali ini. Dan diharapkan dengan adanya kegiatan ini para karyawan BPWS yang telah mengikuti pelatihan jurnalistik akan dapat mampu memberikan kontribusi untuk memberikan suatu informasi yang dapat berguna untuk masyarakat banyak melalui situs resmi website BPWS. (pip)

Read 3074 times Last modified on Kamis, 18 September 2014 07:41
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments