Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean
bpws.go.id
kerapan

FORUM GROUP DISCUSSION (FGD)

Sep 12, 2012 Written by  Read 816 times
Rate this item
(0 votes)

“Sinkronisasi Pembangunan Madura antara BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura) dan Pemerintah Daerah dalam Bidang Pariwisata”

Pariwisata telah menjadi salah satu bagian penting yang tidak terpisahkan dari berbagai Potensi yang ada di Pulau Madura, oleh karena itu BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura) Sebagai Badan pemerintah yang dibentuk berdasarkan Perpres Nomor 27 tahun 2008, salah satu tugasnya adalah ikut berperan dalam mempercepat pembangunan di Pulau Madura, dimana salah satu potensi lokal yang dapat dikembangkan adalah dalam bidang pariwisata, baik yang dikembangkan sesuai wilayah kabupaten masing-masing maupun yang direncanakan secara terintegrasi sebagai paket pariwisata di Pulau Madura.

Sehingga melalui kegiatan pertemuan dalam rangka FGD (Focus Group Discussion) dengan Tema “Sinkronisasi Pengembangan Madura antara BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura) dan Pemerintah Daerah dalam Bidang Pariwisata” ini diharapkan mampu memberikan masukan-masukan terkait dengan segala permasalahan rencana pengembangan konsep Pariwisata di Pulau Madura.

Acara yang dilangsungkan di Kusuma Agrowisata Resort dan Convention Hotel,Kota Batu ini dibuka oleh Bapak Drs. Herman Hidayat, SH, MM selaku Wakil Kepala Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura ini mendapat antusiasme yang besar dari Pemerintah Daerah se Madura, selain dihadiri oleh Instansi pemerintah se Madura, MUI(Majelis Ulama Indonesia) Madura, dan Tokoh Masrakat Madura juga dari BASSRA(Badan Silaturrahmi Ulama Pesantren Madura) dan turut hadir pula Wakil Bupati Sampang Bapak H. Fadhilah Budiono beserta Rektor Universitas Trunojoyo Bangkalan Bapak Prof. Dr. Ir. H. Ariffin, MS. Dimana Acara FGD ini adalah merupakan salah satu program kegiatan dari Divisi Hubungan Kelembagaan dan Komunikasi Masyarakat yang menyangkut Peningkatan Hubungan Kelembagaan dan Instansi.

Sambutan Wakil Kepala BPWS, Bapak Drs. Herman Hidayat, SH, MM Dalam acara FGD ini dibahas isu-isu penting dan terkini terkait dengan Pariwisata di Pulau Madura,

Mengawali acara disampaikan Pemaparan Program BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura) oleh Bapak Drs. Herman Hidayat, SH, MM selaku Wakil Kepala Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura yang dalam pemaparannya lebih fokus terhadap sinkronisasi program-program BPWS yang mendukung konsep pengembangan kemajuan pariwisata di Pulau Madura.

Sebagai Narasumber pertama adalah H. Achmad Zaini, MA yang menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Pembangunan Madura dalam pemaparannya menyajikan tentang “Pengembangan Pariwisata yang Islami di Pulau Madura”, Kepariwisataan Madura Islami adalah sesuatu yang menuntut adanya penyesuaian penyelenggaraan pariwisata dengan mendasari/ mengacu pada pelaksanaan syariat Islam, Konsep ini terkait dengan harapan agar daerah wisata di Madura terbebas dari maksiat,alkohol, judi, diskotik,makanan yang tidak dijamin halal, berbusana Islami, pemisahan laki-laki dan perempuan pada area-area tertentu, tersedia mushalla disetiap lokasi wisata, pengelolaan wisata dengan sistem syariah.

Tantangan terbesar dalam menumbuhkembangkan sektor wisata Islami adalah bagaimana cara kita mengkreasikan tempat-tempat yang bernilai wisata untuk mampu memancing minat banyak orang, akan tetapi juga tidak berbenturan dengan syari’at Islam. Wisata yang identik sebagai tempat bersenang-senang dan hura-hura harus dihilangkan dan yang menjadi ciri khas wisata Madura wajib kita perkenalkan pada wisatawan asing sehingga menjadikan sentra Wisata Islami sebagai sesuatu yang unik, menarik, dan menyenangkan, adalah bukan sesuatu yang tidak lagi untuk ditakuti.

Sudah saatnya kita mensosialisasikan bentuk-bentuk wisata yang bernuansa keislaman dan religi kepada masyarakat melalui pemahaman yang bersifat mendidik dengan pendekatan nurani, bukan bersifat paksaan. Dengan menjadikan Madura sebagai Sentra wisata Islami nantinya diharapkan mampu menjadi daya tarik tersendiri sekaligus dapat menambah Pendapatan Asli Daerah

Melalui pembangunan wisata Islami yang kondusif, dapat kita tunjukkan pada dunia bahwa Islam bukan hanya sebatas doktrin tapi merupakan kompleksitas budaya yang mencakup nilai-nilai kehidupan menjadi lebih Rahmatallila’lamin.

Dr. Ir. Drs. Nanang Setiawan dalam paparannya tentang “Perspektif Pariwisata di Pulau Madura” berpandangan bahwa di Pulau Madura memiliki Perspektif pariwisata yang unik pada masing-masing Kabupaten,

Untuk Kabupaten Bangkalan – terdapat wisata alam, wisata religi, serta dapat dijadikan tempat industry yang ramah lingkungan karena berdekatan dengan ruas jalan Suaramadu di sisi utara. Sesuai dengan rencana akan diperuntukkan sebagai permukiman, industri dan pariwisata meliputi wilayah Trageh, Burneh, Labang dan Socah. Sedangkan Lokasi Tanjung Bulu Pandan dapat pula dijadikan pilihan sebagai Pelabuhan Penumpang /Barang penunjang Tanjung Perak.

Untuk Kabupaten Sampang – Lebih diarahkan sebagai kawasan pertanian karena mempunyai dua Waduk dan beberapa industri pengolahan hasil pertanian.

Untuk Kabupaten Pamekasan – merupakan sentra batik dan industri garam

Untuk Kabupaten Sumenep – mempunyai beberapa alternatif obyek wisata dimana fasilitas hotel sudah sangat menunjang, mempunyai rencana unggulan wisata kesehatan berupa wisata di Pulau Giliyang dan bandara Trunojoyo.

Sedangkan pada kedua dalam acara ini, juga diberikan kesempatan dari akedemisi Universitas Airlangga Surabaya Muhammad Nurdin Razak untuk memeberikan pemaparannya dengan tema “Mewujudkan Pariwisata yang Terintegrasi di Pulau Madura”, beliau menyimpulkan bahwa kunci keberhasilannya adalah melalui Dukungan Kebijakan dan Program pemerintah yang meliputi Status lahan/ Tata guna lahan, Tenaga Kerja dan Tata kelola destinasi yang baik. Dan peningkatan Kapasitas peran serta dan dukungan dari swasta dan penguatan kelembagaan, serta perlunya ada trigger salah satu wisata yang akan dijadikan ikon atau tujuan destinasi, sehingga menjadi daya tarik untuk dijadikan rangkaian paket wisata di Pulau Madura.

Dalam sesi pemaparan terakhir melalui Tema Pariwisata Sebagai Peluang Lapangan Kerja, Drs. Bambang Sutaryo, Msi dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jawa Timur menegaskan perlunya Identifikasi potensi SDM dan kebutuhan kompetensi serta meminimalisasi shock kompetensi-budaya untuk pengembangan kawasan Madura khususnya sektor pariwisata dengan Peran serta aktif seluruh stakeholder untuk menyiapkan dan mengisi peluang tenaga semi skill dan full skill di sector industri olahan, jasa design, hotel, pariwisata, rumah sakit dan jasa perhubungan untuk menuju asean community.

Dari acara Forum Group Discussion (FGD) “Sinkronisasi Pembangunan Madura antara BPWS (Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura) dan Pemerintah Daerah dalam Bidang Pariwisata” ini dihasilkan beberapa poin penting, yaitu:

  • Disepakati bahwa sektor Pariwisata di 4 (empat) Kabupaten di Pulau Madura perlu dikembangkan lebih optimal lagi
  • Kegiatan Sektor Pariwisata ini harus bernuansa Islami dan Madurawi (Adat budaya Madura).
  • Untuk meningkatkan Pariwisata tersebut harus didukung oleh seluruh “Stakeholder” (Tokoh masyarakat , Alim Ulama, Cendekia, Aparat Pemerintah, DPRD dll).
  • Kegiatan Pariwisata tersebut harus didasari oleh UU/ Perda.
  • FGD ini adalah Sarana untuk silaturrahim antar elemen serta untuk menampung aspirasi dari segenap peserta terkait dengan masalah-masalah Kepariwisataan.
  • Pariwisata akan berjalan dengan baik apabila didukung oleh situasi kondisi yang kondusif segenap aspek kehidupan masyarakat (Politik, Sosial Ekonomi, Sosial Budaya, Kamtibmas)

Diharapkan peran BPWS untuk lebih Intensif dalam melaksanakan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai elemen masyarakat, agar tujuan rencana pembangunan dapat tersosialisasikan dengan baik.

(Pandit I/Amri/Young)
 

rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments

APLIKASI





  INFODESK

 

Who's Online

Kami memiliki 12 tamu dan tidak ada anggota online

4 tahun suramadu
HomeInfo PublikBeritaFORUM GROUP DISCUSSION (FGD) Top of Page

Traffic

Today124
Yesterday297
This week2041
This month8433
Total137343
Guests : 7 guests online Members : No members online
Powered by CoalaWeb

Lastest Media

Zo2 Framework Settings

Select one of sample color schemes

Google Font

Menu Font
Body Font
Heading Font

Body

Background Color
Text Color
Link Color
Background Image

Top Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Header Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainmenu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Slider Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Mainframe Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Scroller Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Menu Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image

Bottom Wrapper

Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image
Background Color
Modules Title
Text Color
Link Color
Background Image