Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Penting & Vital, BPWS Latih Pegawainya Bidang Kearsipan

Bisa kita bayangkan bukan seandainya rentetan sejarah bangsa ini dahulu tak tarcatat secuilpun? Tentu bangsa ini seolah tak bernyawa dan tak memiliki jejak sejarah.

Selain itu, sangat sering dalam masalah hukum, arsip menjadi sebuah senjata telak dalam perdebatan hukum.

"R.J Alfaro bahkan menyatakan, pemerintah tanpa arsip ibarat tentara tanpa senjata, dokter tanpa obat, petani tanpa benih. Arsip itu saksi bisu tak terpisahkan,handal dan abadi. Yang memberikan kesaksian pada keberhasilan, kegagalan, pertumbuhan dan kejayaan negara," ujar Kepala Sub Direktorat Pusat I Arsip Nasional Indonesia, Hilman Rosmana, selaku pemateri dalam sosialisasi tata naskah dinas di BPWS, Selasa (9/5).

Untuk itu,lanjut Hilman, arsip menjadi sangat vital. Menurutnya, BPWS harus mampu melakukan tata kelola arsip yang baik dan sistematis.

"Ini sangat sangat penting. Pada titik tertentu, taruhlah dalam masalah hukum, arsip ini bisa menolong. Selain itu, kelak arsip yg sistematis, akan bercerita rentetan sejarah BPWS di Madura. Ia akan menjadi aset." tandasnya.

Ia mencontohkan arsip Supersemar yang muncul 3 versi. "Dan tiga tiga nya tidak autentik. apakah benar Supersemar bunyinya seperti itu? Tidak terjawab karena tidak ada arsip," tandasnya.

Sementara, Plt. Sekretaris BPWS, Sidik Wiyoto menegaskan, unsur vital dan pentingnya arsip harus menjadi perhatian serius seluruh elemen BPWS.

"Jangan disepelekan. Sekedar contoh, dalam sebuah audit, oleh BPK atau BPKP, arsip menjadi unsur paling vital dalam sebuah pemeriksaan."tegas mantan auditor senior ini. (Coy)

Read 123 times Last modified on Rabu, 10 Mei 2017 05:58
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments