Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

BPWS ikuti Assesment Indeks Keamanan Informasi Kominfo

BPWS, mengikuti Assesment indeks keamanan informasi (KAMI), kegiatan ini diselenggarakan di Hotel Harris Bandung jum'at, (19/5). Sebanyak 84 Kementerian, lembaga, instansi, SKPD dan LPSE Pemerintah telah mengikuti pemeringkatan indeks keamanan informasi (KAMI) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Keamanan Informasi.

Indeks KAMI adalah alat evaluasi untuk menganalisa tingkat kesiapan pengamanan informasi di instansi/lembaga pemerintah. Ada 6 kriteria penilaian dalam pemeringkatan indeks KAMI, pertama Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), bagian ini menunjukan seberapa penting peran TIK pada suatu instansi/lembaga pemerintah dalam menjalankan tugas fungsinya.

Kedua, Tata Kelola Keamanan Informasi, bagian ini mengevaluasi kesiapan bentuk tata kelola keamanan informasi beserta instansi/fungsi, tugas dan tanggung jawab pengelola keamanan informasi dimana dipersyaratkan perlu adanya struktur organisasi atau fungsi dalam organisasi yang secara khusus mengelola keamanan informasi.

Ketiga, Pengelolaan Resiko, bagian ini mengevaluasi kesiapan penerapan pengelolaan resiko keamanan informasi sebagai dasar penerapan strategi keamanan informasi.

Keempat, Kerangka Kerja Pengelolaan Keamanan Informasi, bagian ini mengevaluasi kelengkapan dan kesiapan kerangka kerja (kebijakan dan prosedur) pengelolaan kemanan informasi dan strategi penerapannya.

Kelima, Pengelolaan Aset Informasi, bagian ini mengevaluasi kelengkapan pengamanan aset informasi, termasuk keseluruhan siklus penggunaan aset tersebut.

Keenam, Teknologi dan Keamanan Informasi, bagian ini mengevaluasi kelengkapan, konsistensi dan efektifitas penggunaan teknologi dalam pengamanan aset informasi.

Hasil evaluasi dan penilaian tersebut merupakan kajian self assesment Indeks KAMI yang diverifikasi Tim Pengkaji Kementerian kominfo serta digunakan sebagai pemetaan kondisi tata kelola keamanan informasi. Diharapkan dari evaluasi tersebut dapat meningkatkan tata kelola keamanan informasi yang merupakan objek vital dalam penerapan TIK, selain itu diharapkan dimasa yang akan datang dapat memenuhi standar SNI ISO/IEC 27001:2013 mengenai Keamanan Informasi. kegiatan ini disampaikan langsung Direktur Keamanan Informasi Kementerian kominfo Aidil Chendramata.

BPWS melalui Divisi data & informasi adalah salah satu yang dievaluasi dan mendapatkan hasil kurang baik, maka dari itu perlu adanya perbaikan dari sisi pengamanan informasi yaitu meliputi standar ruangan server, pengamanan aset informasi, pengelolaan resiko keamanan informasi dan sistem keamanan jaringan. Hal ini menunjukkan bahwa dalam menjalankan tugas fungsinya BPWS sangat bergantung pada peran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sehingga membutuhkan pengelolaan keamanan informasi yang sangat serius. Divisi data dan informasi telah berupaya memenuhi kriteria pengelolaan keamanan informasi berbasis Indeks KAMI, meskipun masih perlu dilakukan penyempurnaan. "ujar pandit indrawan kepala divisi data informasi" (guh)

Read 98 times Last modified on Rabu, 24 Mei 2017 06:23
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments