Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Keterbukaan Informasi Publik, BPWS Bertekad Rebut peringkat I di 2017

Badan pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) bertekad merebut peringkat I nasional dalam peringkat keterbukaan informasi publik 2017. Target ini tidak hanya mimpi belaka mengingat dalam dua tahun terakhir, peringkat BPWS terus meningkat.

“Keterbukaan informasi publik itu adalah perintah undang-undang sekaligus menunjukkan betapa pelaksanaan organisasi dijalankan secara transparan. Jadi, kami memang menargetkan pada 2017, bisa peringkat I atau minimal memperbaiki peringkat sebelumnya, ”ujar Kepala Divisi Data dan Informasi BPWS, Pandit Indrawan”.

Menurutnya, keterbukaan informasi publik  juga menjadi indikasi performance sebuah institusi. Tatkala institusi tersebut membuka ruang yang luas pada publik untuk mengakses informasi, bisa menunjukkan bahwa institusi tersebut memiliki kecederungan untuk menjalankan tata kelola yang baik dan bersih.

“Sudah bukan eranya lagi menuntup akses (informasi, Red). Kita adalah pelayan publik, sehingga publik berhak tahu apa yang kita kerjakan,”tandasnya”.

Untuk diketahui, pada 2015 silam, BPWS berhasil meraih peringkat 6 dari 86 Lembaga Non Struktural (LNS) tingkat nasional dalam hal keterbukaan informasi publik. Tahun selanjutnya, BPWS meraih peringkat IV di tingkat nasional. BPWS hanya kalah dari KPK di peringkat I,  PPATK di peringkat dua dan KPU di peringkat III.

Prestasi ini diapresiasi Presiden RI Joko Widodo saat penerimaan penghargaan di istana negara. Presiden meminta seluruh institusi pemerintahan untuk menjalankan amanat undang undang dalam keterbukaan informasi publik.

“Itu wujud pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik, sistemik dan bersih. Good and clean governance,”tandasnya.

Untuk BPWS sendiri, upaya keterbukaan itu dilakukan dengan memberi ruang penuh pada publik untuk mengakses informasi. Termasuk standarisasi pengelolaan informasi dan dokumentasi dengan menunjuk Pejabat Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang dijabat Abu Tholib.

Selain itu, penerbitan majalah sekaligus website yang memasok alur informasi tentang apa yang dilalakukan dan dirancang BPWS dalam pembangunan Madura. Sehingga publik bisa mengetahui informasi yang akurat tentang sepak terjang BPWS dalam mengembangkan pulau madura ini.  (coy)

Read 85 times Last modified on Kamis, 31 Agustus 2017 02:07
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments