Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Siapkan Pembangunan Pelabuhan Tanjung Bulupandan di Utara Madura

BPWS dan Pelindo III sepakat akan mengembangkan pelabuhan internasional di Tanjung Bulupandan Bangkalan, Madura yg ditandai dalam nota komitmen. 

Komitmen ini dirupakan dalam  kegiatan penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) bersama empat perusahaan swasta, dan Badan Pengembangan Wilayah Surabaya - Madura (BPWS), dimana belum menggunakan dana capex. Hal itu dikarenakan kerjasamanya masih dalam taraf studi pengembangan untuk Pelabuhan Tanjung Bulupandan yang berada di sisi utara pulau madura.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPWS, Herman Hidayat, mengatakan, pihaknya masih dalam proses membuka investor yang bersedia mengelola kawasan ini. "Termasuk dalam pengembangan pelabuhan Tanjung Bulupandan yang sebenarnya sudah ada sejak zaman Belanda. Kami rencanakan untuk dibangun kembali, "kata Herman, usai penandatangan MoC bersama Presiden Director PT Pelindo III (Persero) IGN Askhara Danadiputra, Jumat (26/1/2018). 

Herman menyatakan, saat ini progresnya masih dalam tahap untuk memulai studi pengembangan daerah pelabuhan tersebut. Setelah hasil studi selesai, pihaknya akan merumuskan langkah untuk memulai pemetaan, sebagai persiapan pembangunan. 

Terkait kerjasama dengan PT. Pelindo III, Herman menyatakan bila saat ini masih dalam tahap studi. Hal itu dianggap penting untuk persiapan pembangunan apalagi bersama Pelindo III yang sudah cukup banyak memiliki pengalaman terkait pembangunan maupun pengembangan pelabuhan. 

Ari Askhara menambahkan, pihaknya melihat potensi yang ada di sisi utara Pulau Madura untuk mendukung kegiatan pelayaran barang cukup besar. Apalagi kondisi Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) cukup padat. 

"Kalau studi pengembangan sudah selesai. BPWS sudah menyelesaikan tahap awal secara teknis sepeti lahan, perizinan dan lainnya, walaupun belum ada alokasi pembangunan, kami siap saja," ungkap Ari. 

BPWS merupakan badan bentukan pemerintah melalui Peraturan Presiden (Perpres) yang saat itu masih Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dengan mendapat tugas melakukan Pengembangan wilayah kaki jembatan Suramadu dan kawasan ekonomi khusus di Madura.(coy)

Read 169 times Last modified on Senin, 29 Januari 2018 09:01
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments