Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Air SPAM BPWS Bisa Langsung Diminum, Kok Bisa?

Tabung Ultra Filtrasi di SPAM Tangkel Kabupaten Bangkalan Madura. Tabung Ultra Filtrasi di SPAM Tangkel Kabupaten Bangkalan Madura.

Jika melihat di tayangan youtube, di negara-negara Eropa sering kita lihat air kran yang bisa langsung diminum. Nah, proyek SPAM BPWS bekerjasama dengan PDAM Bangkalan yang sudah selesai dibangun, ternyata bisa seperti itu, alias langsung diminum.

Ini tak lepas dari teknologi Reverse Osmosis System yang disematkan dalam SPAM tersebut dalam proyek infrastruktur yang keseluruhan menelan biaya Rp 36 miliar tersebut.

Teknologi ini dengan menggunakan sistem penyaringan tiga tahap yang  kemudian masih diproses lagi di alat RO System. Sehingga, kandungan logam berat yang berbahaya bagi kesehatan dan bakteri, bisa dinegatifkan.

“Jadi, dari sumber mata air Pocong, air masuk ke sistem RO yang berlapis. Keluar dari itu, air bisa langsung diminum. Ini juga bagian dari upaya BPWS dan Pemkab Bangkalan untuk memenuhi kebutuhan air minum layak di masyarakat sekitar,”ujar Humas BPWS,Faisal Yasir Arifin.


Dari penelitian atau contoh yang diuji menunjukkan, sistem RO ini bekerja dengan baik.  Misalnya, bakteri E-Colli yang awalnya berjumlah 26000 mg/l, setelah melewati RO, menjadi 0 mg/l. Pun demikian dengan bakteri Coliform, dari awalnya 52.000 mg/l, menjadi 0 mg/l.

Untuk kandungan kapur yang awalnya 285 mg/l, menjadi 74,8 mg/l. Zinc yang awalnya 0,008 mg/l, setelah melewati proses RO menjadi 0,026 mg/l. Kalau terlalu tinggi, bisa mengakibatkan kencing batu karena endapan kapurnya.

“Angka ini jauh di bawah standar tolerasni bahaya, yakni tidak boleh lebih dari 500 mg/l. Jadi bisa langsung diminum,” ujar mantan jurnalis ini.

Menariknya, teknologi RO ini juga disematkan di SPAM lain yang dibangun BPWS. Diantaranya SPAM diTangkel dan SPAM Konang.

“Filosofinya agar bisa memberi manfaat langsung di masyarakat sekitar, ”pungkasnya”. (coy)

Read 98 times
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments