Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean
  • By 
  • Jul 16, 2013

Promosi Obyek Wisata di Kawasan Suramadu

Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura (Bapel-BPWS) selaku fasilitator untuk empat kabupaten di Pulau Madura mengadakan Forum Group Discussion (FGD) Fasilitasi Promosi Obyek Wisata Kawasan Suramadu pada hari Senin, 1 Juli 2013 di Hotel Bisanta Bidakara Surabaya yang dihadiri  oleh seluruh kabupaten di Madura dengan

tujuan mengintegrasikan seluruh potensi pariwisata yang ada di Bangkalan, Sampang, Pamekasan sampai dengan Sumenep. Bicara Pariwisata tentu menyangkut sektor – sektor yang perlu dijabarkan setiap kegiatannya,

sehingga para wisatawan baik lokal maupun manca Negara dapat dengan mudah mengetahui informasi mengenai obyek – obyek wisata yang layak dikunjungi. Hadir dalam kesempatan yang baik ini Kepala Bapel – BPWS  Moh. Irian, Wakil Kepala  Bapel – BPWS  Herman Hidayat, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Kepala Seksi Data dan Informasi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur  Ir.Hidayat Nugroho,MM, Kepala Bappeda Kabupaten Sumenep  R. Idris, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sumenep yang diwakili oleh Sekretaris  Drs.Agus Rachman S, Kepala Bappeda Kabupaten Pamekasan yang diwakili oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana   Ahmad Sjaifuddin,ST,MT , Halifaturrahman,S.Pd,M.Si dari Kepala Bidang Pemberdayaan  Pariwisata Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Pamekasan, Kepala Bappeda Bangkalan  Eko Setiawan, Kepala Bappeda Kabupaten Sampang Ir. Toni Moerdiwanto,MSi , Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sampang Drs.Aji Waluyo,MSi, Perwakilan dari Universitas Trunojoyo E.M Fauzan, Perwakilan dari Universitas Brawijaya Ahmad Faidial Rahman dan Sucipto, serta jajaran di lingkungan BP-BPWS.

Kepala Badan Pelaksana BPWS Ir.Moh.Irian.M.Eng.Sc menyampaikan bahwa pada FGD ini BPWS sebagai fasilitator mengharap masing – masing kabupaten memberikan informasi mengenai prioritas potensi pariwisata masing – masing kabupaten dengan hasil konsep – konsep wisata yang komprehensif dan intregated diseluruh Madura. Hal ini terkait dengan dana yang disiapkan BPWS untuk membantu mempercepat promosi pariwisata di Madura pada tahun 2014 sebesar Rp 4 Milyar.

[lightbox src="/images/artikel_foto/promowisata.png" width="200px" height="150px" lightbox="on" title=" PROMOSI OBYEK WISATA DI KAWASAN SURAMADU" align="left"]

A.Faidial Rahman, SE.Par.M.Sc dari Unibraw dalam kesempatan ini menyampaikan perlunya Masterplan Pariwisata di Jawa Timur khususnya Madura, dengan masyarakat yang berbudaya religious dan bertebarannya pondok – pondok pesantren di Madura maka jenis wisata yang paling tepat di Madura sebagai prioritas utama adalah wisata religi hal ini juga sesuai dengan kondisi masyarakat Madura yang sangat suka berziarah. Sucipto dari Unibraw juga menyampaikan bahwa untuk itu dibutuhkan program konkrit action plan diantaranya berupa Pelatihan khusus Pariwisata di Pesantren, sebagai contoh banyaknya kunjungan ke pesantren Al-Amin dari dalam dan luar Madura dari masyarakat yang ingin mengetahui kehidupan sehari – hari di pondok pesantren.

Bapak Ahmad selaku perwakilan dari Bappeda Kabupaten Pamekasan mengungkapkan Kabupaten Pamekasan memperoleh pendapatan sektor pariwisata hanya dari hotel dan restoran saja. Ada beberapa kendala, diantaranya kurangnya pemeliharaan sarana dan prasarana wisata, rendahnya kualitas SDM pariwisata, tumpang tindihnya instansi pembina/pelaku kebijakan, image negatif terhadap kepariwisataan, dan lain lain. Kendala yang sama juga dirasakan oleh Kabupaten lainnya di Madura.

[lightbox src="/images/artikel_foto/promowisata2.png" width="200px" height="150px" lightbox="on" title=" PROMOSI OBYEK WISATA DI KAWASAN SURAMADU" align="left"]

Dari hasil diskusi diketahui bahwa prioritas wisata di kabupaten Sampang adalah kawasan makam rato ebo di Sampang Selatan, Bujuk Napo di Sampang Tengah keduanya merupakan jenis wisata religi, sedang Hutan Kera Nepa Di Sampang utara dan pantai Camplong di Sampang Selatan merupakan jenis wisata alam. Untuk Pamekasan  prioritas wisata antara lain adalah Kampung Wisata Batik Klampar, Makam Batu Ampar, Api Tak Kunjung Padam, Sapi Sono'. Untuk Kabupaten Sumenep prioritas wisata antara lain adalah Pantai Lombang, Pantai Selopeng, Masjid Jami', Asta Tinggi – Asta Yusuf, Keraton Sumenep, Desa Keris, Sentra Ukir, Pulau Giliyang sedang untuk Kabupaten Bangkalan prioritas utama adalah Asta Syaikhona Kholil, Wisata Batik, Ekowisata Gegger.

Suatu tantangan untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur, BPWS dan seluruh Kabupaten se Madura untuk mencari solusi menghadapi kendala kendala dibidang pariwisata di Madura dengan membuat Grand Desain konsep Pariwisata yang tepat, komprehensif dan integrated berdasar budaya religi di Madura. (adilia anditasari)

 

Read 1447 times