Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Pengamat : IKM Jatim Disarankan Mengurus Perijinan BPOM

DITENGAH geliat produk Industri Kecil Menengah (IKM) Jawa Timur, peluang pemasaran hingga mancanegara terbuka lebar. Untuk itu perijinan pun disarankan untuk lebih ditingkatkan.

Itu disampaikan oleh Pengamat Teknologi Pangan Universitas Jendral Sudirman Purwokerto, Condro Wibowo. Ia mengatakan, selama ini produk IKM Jawa Timur sudah direspon baik oleh konsumen. Tidak hanya skala lokal, melainkan nasional.

Nah, perkembangan signifikan ini tidak cukup hanya dengan mengantongi ijin Produk Industri Rumah Tangga (PIRT).

" IKM memang  disarankan mengantongi ijin PIRT, tetapi kalau produknya sudah dijual dalam skala, nasional bahkan luar negeri, Maka disarankan untuk mengurus perijinan lebih luas. BPOM," katanya ketika ditemui seusai menjadi Narasumber pelatihan IKM yang digelar oleh Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan di Kabupaten Pamekasan, Madura, pekan kemarin.

Selama ini ijin PIRT dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan Kota/Kabupaten. Sehingga boleh diedarkan. Sementara ijin POM memang merupakan regulasi tertinggi di indonesia.

Kondisi IKM Jawa Timur sendiri rata-rata mendapatkan omset dari penjualan skala lokal dan nasional."Karena omsetnya tidak seberapa besar. Jika mau meningkatkan penjualannya, ya memang harus punya ijin BPOM," imbuh pria yang mendapat gelar doktor bidang Teknologi Pangan dari Contingent University Jerman ini.

Menanggapi keinginan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang menginginkan BPOM membuka perijinan di Madura, direspon positif oleh Condro.

Penempatan tersebut bisa mendukung semangat para pelaku IKM khususnya makanan untuk bisa mendapat kesempatan, memasarkan produk mereka hingga mancanegara.

"Itu upaya yang bagus sekali. Perlu didukung. Tapi perlu juga dipertimbangkan urusan teknis lainnya. Seperti pengadaan laboratorium untuk uji sampel makanan," pungkas Condro.(edw)

Read 118 times
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments