Print this page

Pelantikan Wakil Kepala BP – BPWS

SURABAYA – Pada Jumat kemarin (15/3/2013) merupakan hari yang sangat penting untuk Badan Pelaksana Badan Pengembangan Wilayah Surabaya – Madura (Bapel – BPWS), dikarenakan pada hari tersebut telah dilantik Mantan Kapolda Sumatera Barat Irjen Pol (Purn) Herman Hidayat sebagai wakil

kepala Bapel-BPWS menggantikan Djunaedi Mahendra dan merupakan bagian dari komitmen Pemerintah dalam memperkuat BPWS untuk mempercepat pembangunan wilayah Surabaya-Madura. Sebagaimana sesuai dengan Keputusan Presiden No 21/M/2013 tertanggal 18 Februari 2013 yang dibacakan dalam pelantikan Herman Hidayat oleh Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, Jumat (15/3/2013) di kantor Bapel – BPWS, Tambak Wedi, Surabaya.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Sekjen PU Agoes Widjanarko, Kepala Bappeda Jawa Timur Zaenal Abidin, Kodam V Brawijaya, Kepala Bakorwil Madura, Bupati Sampang, Perwakilan Bupati Bangkalan, Perwakilan Bupati Pamekasan, dan Kepala Bapel – BPWS Moch. Irian, serta sejumlah pejabat lain di lingkungan Kementerian PU.

“Diharapkan Bapel – BPWS dapat menjembatani kebutuhan dunia usaha agar nyaman, aman dalam berinvestasi. Sekaligus kebutuhan dan budaya khususnya masyarakat Madura agar dapat diakomodasikan dengan baik. Saya yakin saudara Herman Hidayat yang berasal dai Sumenep dan dengan pengalamannya di bidang territorial dan sosial kemasyarakatan mampu menghadapi tantangan yang terjadi,” ujar Djoko Kirmanto.

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus dengan menetapkan Kawasan Suramadu sebagai Kawasan Strategis Nasional dan Simpul dari Koridor Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Menurut Menteri PU, BPWS sebagai lembaga pemerintah dalam proses perencanaan tugas perlu menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, penyusunan rencana kerja, program serta langkah – langkahnya harus selalu berkoordinasi dengan Kementerian terkait dan Pemda. Untuk itu, Dewan Pengarah akan membentuk Dewan Koordinasi Pelaksanaan Pembangunan Suramadu.

[quote align='left' color='#999999']“Tolak ukur keberhasilan Bapel – BPWS adalah besarnya investasi dunia usaha terutama dalam pembangunan infrastruktur wilayah Suramadu"[/quote]

Menteri PU mengarahkan agar Bapel – BPWS mengembangkan sistem manajemen kewirausahaan. Kualitas dan kompetensi sumber daya manusia dan sistem manajemennya harus diarahkan pada pola kerja yang efektif dan efisien dalam mendorong optimaliasi potensi dunia usaha di kawasan Suramadu.

“Tolak ukur keberhasilan Bapel – BPWS adalah besarnya investasi dunia usaha terutama dalam pembangunan infrastruktur wilayah Suramadu,’ kata Djoko Kirmanto. Ditambahkannya, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pendekatan sosial – budaya, peningkatan kualitas dan kompetensi SDM serta pembiayaan dari pemerintah dan sistem perijinan investasi juga perlu diperhatikan. Untuk meningkatkan hubungan agar lebih kondusif dengan Pemerintahan Daerah di Madura, maka Herman Hidayat mantan Kapolda Sumatera Barat, kelahiran Kepanjen Sumenep 64 tahun yang lalu tersebut berjanji akan lebih memperbaiki hubungan dengan Kepala Daerah di empat kabupaten di Madura, sehingga pembangunan Suramadu bisa sinergi dengan pembangunan daerah.“Kami akan koordinasi dan lebih mengintensifkan komunikasi, jika biasanya berkunjung sekali, nanti akan kami tingkatkan menjadi dua kali. Kami juga akan mengintensifkan berkunjung pada wilayah – wilayah formal dan nonformal”.

[quote align='left' color='#999999']“Ini pengabdian saya, bahkan saya sampai keluar air mata apalagi ini karena tanah kelahiran saya dan sesuai dengan misi pemerintah untuk mempercepat pembangunan,”[/quote]

Kunjungan formal akan pihaknya lakukan pada pemerintahan, sementara kunjungan nonformal akan dilakukan pada masyarakat, tokoh – tokoh agama, dan tokoh masyarakat. Ia pun berjanji akan memprogramkan untuk kunjungan pada pesantren – pesantren di Bangkalan sampai Sumenep, tentunya tidak semuanya tapi menurutnya kunjungan tersebut akan dilakukan dengan skala prioritas. Sementara itu, menghadapi problematika pembebasan lahan di sekitar area Suramadu yang belum menemui titik terang, Herman akan kembali mensosialisasikan pada masyarakat.Selain itu, menghadapi semua tugas barunya di BPWS yang tidak berkaitan sama sekali dengan tugasnya selama ini menjadi Polisi, tidak membuatnya surut. Herman Hidayat menganggap tugas barunya sebagai pengabdian. “Ini pengabdian saya, bahkan saya sampai keluar air mata apalagi ini karena tanah kelahiran saya dan sesuai dengan misi pemerintah untuk mempercepat pembangunan,” ungkapnya kemarin.

(adilia anditasari/afif/nasir)

 

Galeri Foto

Foto

Menteri PU melantik Wakil Kepala Bapel – BPWS Herman HidayatWakil Gurbenur Jawa Timur, Sekjen Menteri PU, Kodam V Brawijaya dan Kepala Bapel – BPWS bertindak sebagai saksi Acara Ramah Tamah bersama usai pelantikan

Read 1247 times Last modified on Kamis, 18 Juli 2013 13:36
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments