Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi pemerintahan Pada Bapel BPWS

Dalam upaya untuk meningkatkan kinerja suatu instansi pemerintah haruslah dilakukan suatu perubahan , namun perubahan itu sendiri tidak bisa semata ditujukan pada organisasinya saja, tetapi yang juga penting adalah melakukan perubahan terhadap sistem organisasinya.

 

Pada tanggal 23 – 25 April 2013 Badan Pengembangan Wilayah Suramadu menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Administrasi pemerintahan Pada Bapel BPWS dan Sosialisasi PERMENPAN-RB No.35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan SOP Administarsi Pemerintahan.

Pelatihan dan Sosialisasi tersebut dihelat di Hotel Twin Surabaya, yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan BP-BPWS dan Staf BP-BPWS. Pada kesempatan tersebut pihak BP-BPWS mengundang Asisten Deputi Pemantauan dan Evaluasi Kementerian PAN-RB Ir.Hastori, MAFIS, Kepala Bidang Penyusunan Sistem dan Prosedur Pemerintahan Kementerian PAN-RB Adrinal Tanjung, SE.Ak. dan Lukman Setiawan dari Lse Access Consultant sebagai Nara Sumber.

Kepala Bapel BPWS bersama Narasumber Kepala Bapel BPWS bersama Narasumber

Acara tersebut diatas dimaksudkan sebagai upaya Bapel BPWS untuk menajamkan pengetahuan tentang SOP bidang Administarsi Pemerintahan. Kegiatan ini merupakan rangkaian seri ketiga membangun SOP yang pernah dilaksanakan Bapel BPWS tahun lalu.

Selain itu juga para peserta juga diberikan panduan praktis mengenai teknis mengidentifikasi kebutuhan SOP dan membuat rencana penyelesaiannya oleh Lukman Setiawan dari Lse Access Consultant Surabaya. Dalam kesempatan tersebut Duet yang saling melengkapi dan membuat suasana pelatihan makin hidup dan dinamis.

Kolaborasi antara Narasumber dari Unsur Kementerian PAN-RB dan Pakar SOP dari Lse Access Consultant membuat para peserta kagum dan termotivasi dalam proses penyusunan SOP pada Bapel BPWS. Peserta diminta mempresentasikan pemahamannya dan setelahnya diberikan tips masukan maupun penilaian bagaimana semestinya membuat SOP.

Pemahaman peserta makin mengerucut dan jelas bagaimana semestinya SOP itu harus dimulai. Dalam proses penyusunan SOP tersebut, langkah awal yang harus dilakukan peserta adalah memahami arti pentingnya SOP dan kapan SOP itu harus dibuat.

Suasana Pelatihan Penyusunan SOP Administrasi Pemerintahan

Skala prioritasup penting untuk mengakomodir kegiatan yang mengandung kadar resiko terbesar sehingga bisa lebih dahulu disiapkan SOP sebagai acuan dasar dalam pelaksanaannya.

Sesi Foto Bersama Usai Acara

Pelatihan dan sosialisasi tersebut memberikan banyak manfaat bagi para peserta dalam proses penyusunan SOP pada Badan Pengembangan Wilayah Suramadu dalam mengelola dan melaksanakan visi misi BP-BPWS dalam percepatan pembangunan diwilayah Surabaya dan Madura.

(adita putri/nasir/andita)
 

Read 1215 times Last modified on Kamis, 11 Juli 2013 12:01
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments