Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Untuk pekerjaan perencanaan yang bersifat kompleks dan membutuhkan perhitungan yang rumit, hasil perencanaan perlu di tinjau oleh pihak ketiga yang independen. Karena itu, proses pemeriksaan kembali desain oleh pihak ketiga yang disebut Independent Design Checker.

Proses dalam proyek design checker konstruksi

adalah yang pertama kalinya dilakukan dalam pekerjaan di lingkungan Depertemen Pekerjaan Umum. Ini merupakan suatu tantangan tersendiri bagi pihak proyek Jembatan Suramadu untuk dapat melaksanakan pekerjaan secara efektif dan efisien. Design checker diwajibkan untuk memberikan persetujuan terhadap gambar kerja yang diajukan oleh perencana sebelum mendapatkan pengesahan oleh kepala satuan kerja untuk dilaksanakan.

Tugas dari design checker team di antaranya adalah:

  • Meninjau design statement&design criteria
  • Meninjau parameter geoteknik
  • Meninjau hasil pengujian wind tunnel
  • Memeriksa hasil besaran ground motion parameter yang didapat dari technical study
  • Meninjau koefisien structural damping
  • Menetapkan model matematis dasar jembatan
  • Meninjau (review) sistem struktur dan evaluasi metoda konstruksi tahap demi tahap
  • Menentukan beban konstruksi dan mengaplikasikan pada perhitungan.
  • Analisis beban hidup penuh dan angin
  • Menganalisis konstruksi pada kasus yang kritis dari beban yang digunakan
  • Memastikan urutan penegangan kabel
  • Memperkirakan besaran defleksi/ pre-cambers pada saat erection
  • Meninjau dan menetapkan metodologi perhitungan pre-camber selama pelaksanaan
  • Meninjau detail desain dari stay cables&angkur
  • Memeriksa setiap gambar desain

Keluaran yang dihasilkan dari penyedia jasa pelaksanaan pekerjaan design checker team adalah desain Jembatan Suramadu sisi tengah yang dapat mudah dilaksanakan, aman dari sisi konstruksi, mudah dalam pemeliharaanya, sehingga dapat mencapai usia konstruksi yang direncanakan, serta optimal dalam pembiayaan.

Pelaksanaan kegiatan design checker Jembatan Suramadu dilaksanakan atas dasar hasil detil desain yang dibuat oleh pihak kontraktor dalam hal ini oleh pihak CCC. Kegiatan detil desain ini sebagian besar dilaksanakan di Cina, dan hasilnya dikirimkan secara elektonik melalui internet kepada perwakilannya di Indonesia. Pihak desainer Cina hanya menempatkan satu orang di Indonesia.

Pihak konsultan design checker melaksanakan kegiatan berdasarkan hasil keluaran (output)dari pihak desainer, dan diserahkan kepada owner/ pemilik proyek untuk segera disahkan dan dilaksanakan oleh pihak kontraktor.

Input yang diberikan kepada pihak design checker adalah gambar detil desain dan parameter dasar yang dipakai/ design criteria dari pihak perencana/ desainer. Pihak desain checker tidak melakukan pengecekan terhadap hasil kalkulasi dari perencana, tetapi mereka melakukan perhitungan tersendiri. Dari hasil analisis itu, di awal pelaksanaan sempat muncul keraguan tentang proses desain checker ini, karena sebagian dari tenaga ahli adalah berasal dari luar negeri bekerjasama dengan tenaga lokal.

Pekerjaan dilaksanakan secara online dengan memanfaatkan media internet sebagai media pertukaran data Tetapi akhirnya keraguan ini bisa dijawab. Dengan kemajuan teknologi informasi, kehadiran (presence) tidak mutlak, apalagi dalam lingkup pekerjaan yang bersifat penekanan pada hasil (result oriented). Pekerjaan bisa dilakukan di mana saja, tetapi yang penting adalah komunikasi antar sesama anggota tim. Dengan sistem kehadiran tidak langsung ini juga memberikan nilai tambah secara ekonomis yaitu penghematan biaya.

Pekerjaan Desain Checker ini dilakukan oleh konsultan PT Virama Karya dengan partner lokal PT Pola Agung Consulting serta partner asing COWI A/S dari Denmark, yang juga melaksanakan design chek untuk jembatan cable stay terpanjang di dunia yaitu Sutong Bridge di China, dengan panjang mencapai 1000 m. Dengan adanya kerjasama dengan pihak asing yang cukup berpengalaman dalam pelaksanaan independent design check untuk pelaksanaan bentang panjang, diharapkan tenaga ahli Indonesia bisa menimba ilmu tentang proses perencanaan jembatan bentang panjang.

Read 2209 times Last modified on Jumat, 19 Juli 2013 09:44
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
More in this category: « Desain dan Build
Login to post comments