Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Pembangunan Jembatan Suramadu sempat terhenti ketika
krisis moneter menghantam perekonomian Indonesia

Awal tahun 2004, Indonesia diterpa bebagai bencana. Konsentrasi pendanaan untuk pembangunan infrastruktur pun lebih
diarahkan untuk rehabilitasi daerah bencana alam. Dengan kondisi negara seperti itu, pendanaan Suramadu khususnya untuk kelanjutan Causeway belum mendapat kepastian.

Waktu terus bergulir. Semangat dan segunung cita-cita untuk mewujudkan jembatan terbaik tak juga luntur. Angin segar pun berhembus. Badai perlahan berlalu, seiring dengan berjalannya waktu. Proyek Jembatan Suramadu kembali mendapat perhatian.

Setelah sempat terhenti sekitar 10 bulan, dengan adanya kepastian dana dari APBN  P 2005, akhirnya proyek Suramadu kembali berjalan. Pembangunan causeway kembali dilanjutkan di November 2005. Hal ini didukung dengan Surat dari Menteri Pekerjaan Umum tentang Izin Kontrak Multiyears. Pelaksanaan tahap II pelaksanaan causeway ini melanjutkan pekerjaan tahap I, yaitu pelaksanaan 19 bentang untuk sisi Surabaya dan 29 bentang untuk sisi Madura. Sebagai kontraktor pelaksana pekerjaan ini tetap Hutama-Wijaya-Agrabudi Joint Operation (JO) untuk sisi Surabaya dan Adhi-Waskita Joint Operation untuk sisi Madura.

Sementara sebagai salah satu persiapan pekerjaan bentang tengah adalah penyediaan Casting Yard untuk kontraktor, baik untuk Consortium of Chinesse Contractors (CCC) dan Consortium of Indonesia Contractors (CCC). Casting yard ini digunakan sebagai tempat penyimpanan dan perakitan material sebelum dikirim ke lokasi proyek bentang tengah. Casting yard ini juga dilengkapi dengan asrama, laboratorium, dan kantor kontraktor.

Lokasi casting yard berada di Marina Shipyard, Gresik, dengan pertimbangan pemilihan lokasi yaitu luasan (sekitar 30.000m2), kemudahan loading/ unloading material dari laut, serta kesiapan tempat dan dermaga. Jarak dari casting yard ke  lokasi proyek bentang tengah sekitar 12 km.

Read 657 times Last modified on Jumat, 19 Juli 2013 10:19
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
More in this category: Casting Yard »
Login to post comments