Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

SAFARI KUNJUNGAN KERJA MENTERI PEKERJAAN UMUM DI MADURA PASCA PEMBANGUNAN JEMBATAN SURAMADU

Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto mengunjungi Kabupaten-Kabupaten di Pulau Madura, Jumat (19/7) untuk melihat perkembangan pasca pembangunan jembatan Suramadu dan melaunching program-program Directive Presiden.

Kunjungan kerja tersebut didampingi oleh SekJen Pekerjaan Umum, DirJen Bina Marga, Dirjen Cipta Karya, DirJen SDA, Kepala Balai di lingkungan Kementerian PU se Jawa Timur, dan Kepala BPWS beserta jajarannya. Kunjungan ini dimulai dari Kabupaten Bangkalan yang di sambut oleh Wakil Bupati Bangkalan dan Ketua DPRD Bangkalan di Aula gedung DPRD Bangkalan. Menteri PU menyampaikan tujuan kunjungan adalah untuk melihat secara langsung dampak pasca pembangunan jembatan Suramadu dan penyampaian dana Directive Presiden dan APBNP. Menteri PU juga menyampaikan selama ini tidaak ada niatan sama sekali dari Pemerintah Pusat dan perangkatnya di Jawa Timur untuk Membangun di Madura tetapi justru Membangun Madura. Maka untuk itu pada tahun 2013 ini ada dana besar dikucurkan untuk membantu percepatan pembangunan Madura. Semua ini akan terwujud jika ada sinergi bekerja bersama-sama antara satu dengan lainnya agar perkembangan di Madura bisa lebih baik, efektif, dan tepat waktu sehingga masyarakat Madura bisa lebih menikmati. Anggaran dana dari Directive Presiden untuk Madura sebesar 700 M dan dana yang melalui Kementerian PU sendiri sebesar 572 M. Dana tersebut akan dibagikan kepada empat Kabupaten, yaitu Bangkalan 132 M, Sampang 137,7 M, Pamekasan 169 M, dan Sumenep 131 M. Dana yang akan dibagikan kepada empat Kabupaten tersebut digunakan untuk pembangunan jalan, sumber daya air, irigrasi, kolam Geo Membran, dan lain lain. Selain program Directive Presiden, terdapat program regular. Dari program regular itu sendiri terdapat dana sebesar 101 M yang akan dibagikan untuk empat Kabupaten di Madura. Bangkalan mendapatkan 31 M, Sampang 29 M, Pamekasan 11 M, dan Sumenep 28 M. Selain dana tersebut, ada APBNP yang berasal dari kenaikan BBM sebesar 66 M. Total anggaran melalui Kementerian PU sendiri sebesar 786 M. Dana yang dikhususkan untuk Madura lebih tinggi dari Porvinsi Gorontalo, Bengkulu, dll.

[lightbox src="images/artikel_foto/kunker2.jpg" width="200" height="150" lightbox="on" title="Bupati Sampang mendampingi Bapak Menteri PU dalam memberi arahan Directive Presiden, APBNP dan Dana Reguler di Sampang" align="left"]

Setibanya di kantor Bupati Sampang, Menteri PU disambut langsung dengan ramah dan hangat o;eh Bupati Sampang sendiri yang didampingi oleh Sekretaris Daerah beserta jajarannya. Menteri PU juga menyampaikan hal yang sama maksud dan tujuan dari kunjungan kerja ini. Program reguler dari DIPA PU untuk Sampang sebesar 29,6 M. dana tersebut terdiri dari 11,7 M untuk pengairan, 5 M untuk Bina Marga, dan 12,7 M untuk Cipta Karya. Tahun 2013 terdapat dana dari Direktive Presiden sebesar 137,7 M. Rincian dana tersebut adalah 64,2 M untuk pengairan, 66 M untuk Bina Marga dan 7,5 M untuk Cipta Karya. Sesuai dengan masukan dari Sampang maka prioritas utama akan digunakan untuk penanggulan banjir. Sampang juga menerima dana APBNP akibat dari adanya kenaikan BBM sebesar 39 M. dimana setiap desa akan mendapatkan Rp 250 juta.

Siang harinya Menteri PU tiba di Kantor Bupati Pamekasan yang disambut oleh Wakil Bupati Pamekasan di Pendopo Kabupaten dengan ramah dan hangat. Dalam pertemuan tersebut, Wakil Bupati Pamekasan menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur butuh dana besar sedang kemampuan Pemerintah Daerah sangat terbatas sehingga masih butuh intervensi dari Pemerintah Pusat dan juga menyampaikan terima kasih kepada BPWS yang telah berusaha menjembatani antara Kabupaten Pamekasan dengan Pemerintah Pusat. Dalam kunjungan ini, Menteri PU juga menyapaikan adanya dana untuk Pamekasan yang terdiri dari dana Directive Presiden sebesar 169 M, reguler sebesar 11,7 M dan dana dari APBNP akibat adanya kenaikan BBM sebesar 15,9 M. Total yang akan diterima oleh Pamekasan sebesar 198 M.

[lightbox src="images/artikel_foto/kunker3.jpg" width="200" height="150" lightbox="on" title="Menteri PU dan Jajarannya di terima Bupati Pamekasan di Pendopo Kabupaten Pamekasan" align="left"]

Kunjungan kerja terakhir kepada bupati Sumenep diterima dengan hangat oleh Bupati Sumenep di pendopo kabupaten. Pemerintah Kabupaten Sumenep merasakan dampak dari pasca jembatan Suramadu antara lain dengan meningkatnya hotel-hotel yang baru sehingga menarik perhatian para wisatawan untuk datang ke Sumenep dan disertai tempat-tempat wisata yang menunjang. Saat ini Pemerintah Kabupaten Sumenep membangun Bandara Trunojoyo dengan fasilitas yang memadai dengan cara menambah panjang lintasan landasan pesawat terbang. Dari kunjungan Menteri PU, Sumenep mendapatkan dana reguler 28, 7 M yang dibagi untuk SDA 13,9 M, Bina Marga 1 M dan Cipta Karya 13,7 M. Sedangkan dana dari Directive Presiden sebesar 131,7 M dan  APBNP akibat kenaikan BBM sebesar 11 M.

[lightbox src="images/artikel_foto/kunker4.jpg" width="200" height="150" lightbox="on" title="Bupati Sumenep menjamu Menteri PU beserta rombongan dalam acara buka bersama di Pendopo Kabupaten Sumenep" align="left"]

Menteri PU berharap agar dana-dana tersebut dimanfaatkan dan digunakan dengan benar dan baik sehingga terdapat hasil nyata dari pembangunan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Madura. Terakhir seluruh rombongan dijamu buka bersama dan sholat maghrib di pendopo kabupaten Sumenep. (Adilia Anditasari/ Afif NR, editor Lisa.L)

Read 1206 times Last modified on Jumat, 26 Juli 2013 14:48
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments