Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Jantungnya Media Itu Ada di Newsroom

 

Newsroom itu tempat sentral dalam semua lembaga media, baik itu cetak, broadcast, kabel, hingga online. Di tempat itu, para jurnalis, reporter, editor, bersama staf lain, bekerja bersama mengolah produk berita yang akan dipublikasikan. Dari ruang ini mutu produk berita ditentukan sehingga nantinya diharapkan bisa dinikmati masyarakat luas.

 

Hal itu diingatkan praktisi media Teguh Wahyu Utomo dalam salah satu sesi pelatihan jurnalistik situs www.bpws.go.id. di Hotel Purnama, Batu, 12-13 Juni. Pelatihan diikuti 30 peserta dari Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, bekerja sama dengan LPPM Universitas Trunojoyo Madura. Selain dari divisi informasi yang mengelola portal, peserta juga datang dari berbagai divisi terkait.

Di dalam newsroom, ada sejumlah pekerjaan dan orang-orang yang bekerja memproduksi berita. Ada pemimpin redaksi, redaktur pelaksana, editor, reporter, fotografer, kamerawan, layoutman, teknisi cahaya dan suara, dan banyak lagi. “Besarnya pekerjaan dan banyaknya personel tergantung pada besarnya dan rumitnya lembaga media. Newsroom di pusat koran USA Today di Tyson Corner di Virginia mempekerjakan puluhan orang. Namun, newsroom di sejumlah portal berita online hanya sekitar tiga orang,” kata Teguh Wahyu Utomo.

Praktisi Indonesia Media Watch itu menjelaskan, di dalam newsroom terjadi banyak kegiatan. Yang sangat menentukan mutu produk berita adalah rapat redaksi, eksekusi perencanaan, editing data yang didapatkan, penayangan berita, dan kontrol produksi. Saat rapat perencanaan, ditentukan apa saja yang harus diberitakan. Setelah rencana berita sudah jelas, ditentukan siapa-siapa wartawan yang melakukan peliputan. Setelah data terkumpul, editor mengolahnya menjadi berita matang. Setelah produk berita ditayangkan, dilakukan kontrol produk apakah sudah tepat dan apakah dinikmati khalayak.

Selain materi tentang pengelolaan newsroom, pelatihan dilanjutkan dengan teori dan praktik penulisan. Materi disampaikan oleh Didiek Puji Yuwono juga dari Indonesia Media Watch. Dengan alat bantu gambar dan video, peserta diminta langsung menuliskan beritanya.

[lightbox src="/images/artikel_foto/jurnalistik2.jpg" width="300" height="250" lightbox="on" title="Pelaksanaan kegiatan workshop" align="left"]

Read 2907 times Last modified on Jumat, 08 Agustus 2014 16:31
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments