Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

PENGEMBANGAN WILAYAH SURAMADU : BUPATI BANGKALAN INGIN KERJA SAMA DENGAN BPWS

Bupati Bangkalan RKH Makmun Ibnu Fuad,SE menerima Deputi Pengendalian Dr.Ir. Agus Wahyudi, SE.MM beserta staf Badan Pelaksana -  Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) di ruang rapat Bupati hari Rabu tanggal 28 April 2015.Kehadiran Deputi dan staf Bapel-BPWS tersebut diminta Bupati untuk memaparkan rencana pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yakni Pasar Umum dan Parkir Umum seluas 40 Ha di Kec.Labang Bangkalan atau tepatnya di  Kawasan Kaki Jembatan Suramadu Sisi Madura (KKJSM).

Koordinasi yang dilakukan Kepala Kantor Pertanahan Kabupatan Bangkalan Winarto selaku Ketua Panitia Pelaksana Pengadaan Tanah dengan pihak BPWS terkait pembangunan Pasar Umum dan Parkir Umum itu, telah mendapat perhatian  Bupati untuk mengetahui lebih jauh tentang rencana pembangunan sarana kepentingan umum itu dan bagaimana prosedur pengadaan tanahnya.

Deputi Pengendalian Bapel-BPWS menjelaskan rencana pengadaan tanah yang sudah mendapatkan ijin penetapan lokasi dari Gubernur Jawa Timur sejak tahun 2013 itu adalah untuk kepentingan umum dan sekaligus menyediakan fasilitas bagi masyarakat setempat. Sebab, pada Pasar Umum dan Parkir Umum-yang sebelumnya sering disebut Rest Area itu- disediakan berbagai fasilitas diantaranya pasar untuk PKL dan bangunan fasum dan fasos serta parkir umum kendaraan. Seluruh fasilitas dimaksud sudah sesuai dengan ketentuan Undang-Undang No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, kata Agus Wahyudi.

Lokasi Pasar Umum dan Parkir Umum dimaksud berada di dua sisi jalan akses Suramadu di KKJSM yaitu di desa Pangpong (sisi kiri dari jembatan dari arah Surabaya) dan Desa Sukolilo( di sisi  kiri jembatan dari arah Bangkalan).  Selain itu, BPWS juga berencana untuk melakukan stimulasi anggaran untuk peningkatan Jalan akses menuju Kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) sepanjang kurang lebih 3 Km yang saat ini kondisinya rusak dan serta pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU)-nya. Program BPWS tentang Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Bangkalan dan program Pendidikan Pelatihan kepada pemuda di Bangkalan yang membutuhkan keterampilan, baik dibidang teknik, industri, pertanian, perikanan, farmasi, maupun pariwisata.  Sejak tahun 2013 BPWS  telah melaksanakan pelatihan pemuda - pemuda dari Kab.Sampang, Pamekasan, dan Sumenep. Khusus tahun untuk 2015 ini Pemberdayaan Masyarakat ; Pendidikan dan Pelatihan difokuskan di Kabupaten Bangkalan, kata Agus Wahyudi.

Terhadap penjelasan Deputi Pengendalian itu, Bupati Bangkalan pada akhirnya bisa memahami serta tertarik agar segera kegiatan BPWS di wilayah Bangkalan agar dibuatkan Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama sebagai dasar untuk membangun komitmen diantara para pihak, kata Makmun atau yang lebih akrab di panggil Ra Momon itu.  (Eddi Harlijadi)

 

Read 612 times Last modified on Selasa, 05 Mei 2015 14:18
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments