Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

Keamanan Jembatan Suramadu Perlu Sinergisitas Bersama

Keindahan Jembatan Suramadu, dikala Sunset Keindahan Jembatan Suramadu, dikala Sunset

 

AKSES Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) makin ramai. Banyak pengendara yang melintas. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Terlebih pasca digratiskan oleh Presiden Jokowidodo, Oktober tahun kemarin. Lalu-lalang kendaraan tak pernah surut. Kondisi ini membuat kawan lama Saya selalu melek. 

 

Lebih tepatnya, kolega narasumber yang sudah lama kenal sewaktu masih didunia jurnalis. Adalah Ajun Komisaris Polisi (AKP) Sugimin. Kapolsek Sukolilo atau yang familier dikenal sebagai Polsek Labang. ’’Justru saat ini perlu ekstra dalam menjaga keamanannya,’’ terangnya ketika ditemui diruang kerjanya beberapa pekan kemarin.

 

Wilayah kerja Sugimin ini mulai akses pintu keluar Jembatan Suramadu hingga perbatasan dengan wilayah Kecamatan Kwanyar.Ada sisi lain dari penggratisan jembatan sepanjang enam kilometer tersebut. Persoalan tingkat kriminalitas 3C (Curat, Curas, Curanmor) mulai bertambah.

 

Polisi sebagai pengayom dan pelindung masyarakat, khususnya anak buah dari AKP Sugimin selalu bekerja ekstra. Mulai patrol hingga menerjunkan personil di beberapa titik rawan sudah dilakukan. Namun, hal ini tidak bisa dikerjakan sendiri oleh Polsek Labang maupun  Polres Bangkalan.’’Perlu sinergisitas bersama. Terutama dari masyarakat serta Stakeholder terkait,’’ terang polisi yang kenyang dengan pengalaman sebagai Kanit Reskrim Polsek Karang Pilang Surabaya itu.

 

Ia pun turut mengajak Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS) untuk turut berkolaborasi bahu-membahu dalam hal keamanan. Khususnya diwilayah yang menjadi kelanjutan proyek pembangunan BPWS. Upaya sosialisasi juga intens dilakukan pihak Kepolisian kepada tokoh masyarakat, kyai dan Kepala Desa. Sebab, kata dia jika hanya mengandalkan personil polisi, tidak akan cukup.

 

Jika kerjasama terbangun dengan baik, dan saling berkoordinasi antar semua pihak tentu saja akan mendorong kondisi wilayah sepanjang Kecamatan Labang senantiasa aman dan nyaman.’’Dan akan mendorong iklim usaha serta investasi yang baik tentunya,’’ kata AKP Sugimin.(edw)

 

 

Read 403 times
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments