Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean

BPWS Fasilitasi Pengembangan Bidang Perikanan di Sampang

Plt Sekretaris BPWS Sidik Wiyoto membuka acara pelatihan ini Plt Sekretaris BPWS Sidik Wiyoto membuka acara pelatihan ini

SAMPANG - Pengembangan budidaya perikanan di Kabupaten Sampang, Madura terus digalakkan. Proses pembudidayaan sesuai standar operasional prosedur (SOP) ini difasilitasi oleh Badan Pengembangan Wilayah Suramadu (BPWS).

Kegiatan ini digelar oleh BPWS Perwakilan Jakarta di sebuah hotel, Kamis (5/11/2020). Agenda sosialisasi penerapan SOP ini diikuti sekitar 25 peserta Pembudidaya Air Tawar Se-Kabupaten Sampang.

Tahun ini, pemenuhan SOP bagi pembudidaya Bandeng dan Udang menjadi fokus yang dikembangkan. Menurut Plt Kepala BPWS yang diwakili oleh Plt Sekretaris BPWS, Sidik Wiyoto potensi budidaya Bandeng dan Udang di Sampang sangat menjanjikan.

"Untuk itu pelatihan SOP diberikan. Supaya muncul klaster-klaster baru tentang budidaya Bandeng dan Udang dengan kualitas bagus," katanya.

Mantan Kepala BPKP Jawa Timur ini mengatakan, hasil budidaya Bandeng dan Udang di wilayah Sampang selama ini diakui. Namun, masih perlu sentuhan agar bisa bersaing dengan hasil tambak wilayah lain di Jawa Timur.

Sidik menambahkan, diharapkan dengan pemberian pelatihan ini bisa menjadikan hasil panen di Sampang kian merambah baik di pasar lokal maupun nasional."Kenapa tidak. Ini momen penting, sehingga tidak di Jawa lainnya saja. Melainkan Madura juga," imbuhnya.

Sosialisasi SOP budidaya ikan bandeng dan udang ini sebagai tindak lanjut dari fasilitasi yg dilakukan oleh BP BPWS melalui Divisi perwakilan Jakarta.

Program ini terkait bantuan benih ikan bandeng dan udang utk wilayah Madura yaitu kabupaten Bangkalan pada tahun 2017 mendapatkan bantuan benih ikan bandeng sebanyak 160.000 ekor, dan udang sebanyak 1.000.000 ekor yang langsung diserahkan kepada kelompok Pembudidaya.

Setelah di evaluasi ternyata budidaya tersebut belum  berhasil. Sebab, mereka belum mengetahui tata cara budidaya ikan bandeng dan udang yg baik dan benar.

Selanjutnya, sesuai informasi dari UNIDO Smart-fish programme yg disampaikan pada pertemuan tgl 4 Mei 2020 dan 18 Agustus 2020, yang diadakan secara virtual bahwa Lembaga Donor dari Swiss SECO yg membiayai Smart-fish programme bahwa SECO bersedia memberikan bantuan utk meningkatkan penghasilan masyarakat di wilayah pesisir sampai  3 tahun kedepan.

Salah satunya, dengan program  sosialisasi SOP budidaya ikan bandeng dan udang. Maka pada kesempatan pertemuan pada tgl 18 Agustus 2020  dihadiri Bpk. Plt Kepala BP BPWS, Bpk kepala SPI dan Bpk Deputi perencanaan dan Kasubdiv Divisi HKKM, dgn memperhatikan hasil evaluasi balai BPAP Situbondo.

Terpisah, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Sampang, Toni Moerdiwanto mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh BPWS.

Ia menyatakan, program tersebut tepat sasaran."Karena wilayah kami merupakan kawasan Maritim. Sehingga hasil budidaya tawar maupun laut perlu disentuh dengan baik," kata Toni.

Kedepan program Budidaya ini juga melibatkan kaum milenial dalam menjadi generasi penerus hasil olahan Budidaya Bandeng dan Udang.(edw)

Read 52 times
rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website: www.bpws.go.id
Login to post comments