Indonesian Chinese (Simplified) English Japanese Korean
rdev

rdev

Web administrator di Badan Pengembangan Wilayah Surabaya Madura

Website URL: http://www.bpws.go.id Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

BPWS berkolaborasi dengan Kementerian Koperasi & UMKM dan Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kabupaten Sampang dalam rangka memfasilitasi Pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula Kabupaten Sampang yang digelar di Hotel Panglima, Kamis (17/09/2020)

Wakil Bupati Sampang Abdullah Hidayat membuka secara langsung pembekalan kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula. Abdullah menyampaikan terimakasih kepada BPWS yang telah memfasilitasi pelatihan pembekalan kewirausahaan Kabupaten Sampang, semoga BPWS terus bersinergi dengan Pemkab Sampang dalam membangkitkan  IKM dan pertumbuhan ekonomi untuk menuju Sampang Hebat Bermartabat. pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Dekranasda Kabupaten Sampang, Plt. Sekretaris BPWS, Narasumber dari Kementerian Koperasi & UMKM, Jajaran Kepala Divisi dan Staf BPWS, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kabupaten Sampang dan Jajarannya serta 25 peserta Wirausaha pemula dari sektor IKM Kabupaten Sampang.

Pada kesempatan yang sama Sidik Wiyoto selaku Plt. Sekretaris Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) menyampaikan bahwa pembekalan tersebut merupakan upaya BPWS dalam rangka melakukan fasilitasi dan stimulasi percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Jawa Timur, sesuai dengan Perpres 27 Tahun 2008 Pasal 12 butir G no 6. Diharapkan dengan adanya pembekalan kewirausahaan SDM Madura siap untuk bersaing dikancah Nasional maupun Internasional sehingga perekonomian di Madura akan tumbuh dengan cepat. pungkasnya. (Abu)

Di tengah Pandemi Covid-19, BPWS terus berinovasi  dengan menggandeng Kementerian Koperasi & UMKM dan Dinas Koperasi & Usaha Mikro Kabupaten Bangkalan dalam rangka memfasilitasi Pembekalan Kewirausahaan bagi Wirausaha Pemula Kabupaten Bangkalan yang digelar di Hotel Ningrat, Senin (14/09/2020)

Pembekalan Kewirausahaan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Bangkalan Drs. Mohni, MM, ditengah persaingan pasar global yang semakin ketat, mengharuskan semua pihak untuk terus meningkatkan daya saing. "Termasuk pelaku UMKM melalui produk yang ditawarkan dan memberikan kesempatan bagi mereka untuk menunjukkan kualitas produk yang inovatif khususnya di tengah-tengah masyarakat,".

Mohni juga menyampaikan terima kasih kepada BPWS karena telah terlibat dalam pembangunan ekonomi di Bangkalan. "Semoga kerjasama ini terus berkelanjutan dan mampu mendongkrak perekonomian di Bangkalan," Ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan pembekalan kewirausahaan, Plt. Sekretaris BPWS, Narasumber dari Kementerian Koperasi & UMKM, Kepala Divisi Data dan Informasi dan Staf BPWS, Kepala Dinas Koperasi & Usaha Mikro Kabupaten Bangkalan beserta Jajaran serta 25 peserta Wirausaha pemula dari sektor UMKM Kabupaten Bangkalan.

Dalam kesempatan yang sama Sidik Wiyoto selaku Plt. Sekretaris Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) menyampaikan bahwa pembekalan tersebut merupakan upaya BPWS dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat serta peningkatan perekonomian di Pulau Madura Khususnya Kabupaten Bangkalan. BPWS nantinya juga akan melaksanakan fasilitasi Pembekalan Kewirausahaan di 3 (tiga) Kabupaten lainnya di Madura, yakni Kabupaten Sampang, Pamekasan dan Sumenep dengan tetap menggandeng Kementerian Koperasi & UMKM dan Dinas Koperasi & Usaha Mikro setempat. Diharapkan dengan adanya pembekalan kewirausahaan UMKM di Madura akan Bangkit dan perekonomian membaik serta ekonomi terus melejit. pungkasnya. (Abu)

SURABAYA – Kerjasama pembangunan kawasan Madura mulai digerakkan kembali oleh Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) dengan Pemerintah Kabupaten Se-Madura. Kelanjutan kerjasama tersebut demi mewujudkan kemajuan, kesejahteraan dan ekonomi dimadura.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama, yang dilakukan di Ruang Mustazir Kantor BPWS, Jalan Tambak Wedi Surabaya, Selasa (25/8). Kesepahaman ini untuk menindaklanjuti program pemerintah pusat dalam pembangunan di Pulau Garam, yang sempat melambat lantaran masa pandemi Covid-19.

Hadir dalam kegiatan ini, R Abdul Latif Amin Imron (Bupati Bangkalan); H Slamet Junaedi (Bupati Sampang); Badrut Tamam (Bupati Pamekasan); dan Bupati Sumenep yang diwakili oleh Asisten I Pemerintahan, H Masuni.

Kehadiran para pemimpin Madura ini diterima langsung oleh Heri Marzuki, Plt Kepala BPWS, Sekretaris BPWS Sidik Wiyoto, dan seluruh jajaran pimpinan BPWS.

Sebagian besar para Bupati Se-Madura menginginkan agar kerjasama yang terjalin dengan BPWS, tetap dipertahankan.’’Kami ingin bagaimana Madura ini  bisa maju dan sejahtera. Tidak hanya ego sektoral. Ini demi Madura,’’ kata Bupati Sampang, H Slamet Junaedi.

Senada dengan Slamet Junaedi, Bupati Pamekasan Badrut Tamam juga menekankan kerjasama yang terjalin kedua belah pihak tetap berjalan. Badrut menyatakan, saat ini yang dibutuhkan adalah fisibility Study dari rangkaian program kerjasama di Madura.

’’Iya perlu itu. Karena ini juga berkaitan untuk menarik investor dalam pembangunan di Madura,’’ ujar Badrut.

Sementara, Plt Kepala BPWS Heri Marzuki menjelaskan semenjak masa jabatannya yang baru saja diemban. Ia tengah menyiapkan rencana induk pembangunan di Madura.

Berbagai potensi pembangunan, dan pariwisata diharapkan bisa menarik sektor ekonomi dan investasi.’’Kalau dulu kan belum ada. Saat ini rencana induk sangat diperlukan dalam membawa keinginan para Bupati mau dibawa kearah mana Madura kedepan,’’ katanya.

Ia meminta keempat bupati tidak perlu merasa khawatir karena BPWS tidak akan menggangu kewilayahan empat kabupaten di Madura.

"Bagaimanapun juga, kami ingin segera untuk memajukan Madura. Dengan konsep yang ditekankan pusat. Kami dibatasi dengan pembiyaan tetapi bagaimana cara mendapatkan investor secepat mungkin," pungkasnya.(edw)

NO

KEGIATAN

PELAKSANAAN

Penanggung Jawab

Tanggal

Tempat

1

PELATIHAN TEKNIK PENGEMASAN  MODERN, KUALITAS DAN INOVASI PRODUK BAGI PENGUSAHA IKM            KAB. PAMEKASAN

21 - 23 Januari 

Pamekasan

Divisi HKKM

2

PELATIHAN TEKNIK PENGEMASAN  MODERN, KUALITAS DAN INOVASI PRODUK BAGI PENGUSAHA IKM            KAB. SAMPANG

04 - 06 Februari 

Sampang

Divisi HKKM

3

PELATIHAN TEKNIK PENGEMASAN  MODERN, TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN AKSES PASAR BAGI PENGUSAHA IKM KAB. PAMEKASAN

25 - 27 Februari 

Pamekasan

Divisi HKKM

4

PELATIHAN TEKNIK PENGEMASAN  MODERN, TEKNOLOGI TEPAT GUNA DAN AKSES PASAR BAGI PENGUSAHA IKM KAB. SAMPANG

10 - 12 Maret 

Sampang

Divisi HKKM

5

PEMUKTAHIRAN DAFTAR INFORMASI PUBLIK

Juli

Ruang Rapat BPWS

Divisi Data Info ( PPID)

6

E-MONEV KETERBUKAAN BADAN PUBLIK

Juli - Agustus

BPWS

Divisi Data Info ( PPID)

7

MOU BPWS DENGAN KAB. BANGKALAN

Agustus 

Pemkab Bangkalan

Divisi HKKM

8

MOU BPWS DENGAN KAB. SAMPANG

Agustus 

Pemkab Sampang

Divisi HKKM

9

MOU BPWS DENGAN KAB. PAMEKASAN

Agustus 

Pemkab Pamekasan

Divisi HKKM

10

MOU BPWS DENGAN KAB. SUMENEP

Agustus 

Pemkab Sampang

Divisi HKKM

11

PEMBUATAN VIDEO PROMOSI

Agustus 

Madura

Divisi Investasi dan Perijinan

12

PELATIHAN PRAKTEK PENGEMASAN HASIL INOVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI BAGI PENGUSAHAN IKM        KAB. PAMEKASAN 

September

Pamekasan

Divisi HKKM

13

PELATIHAN PRAKTEK PENGEMASAN HASIL INOVASI DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUKSI BAGI PENGUSAHAN IKM        KAB. SAMPANG

September

Sampang

Divisi HKKM

14

PELATIHAN DASAR KEWIRAUSAHAAN DAN TEHNIK MENINGKATKAN PEMASARAN BAGI PENGUSAHAN UMKM KAB. BANGKALAN 

Oktober

Bangkalan

Divisi HKKM

15

PELATIHAN TEHNIK ADMINISTRASI KEUANGAN SKALA MIKRO DAN PEMBUATAN FACE SHIELD (APD)  BAGI PENGUSAHAN UMKM KAB. BANGKALAN 

Oktober

Bangkalan

Divisi HKKM

16

PRESENTASI MONEV KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

5-7 Oktober 

BPWS (Virtual Zoom Meeting)

Divisi Data Info ( PPID)

17

SEMINAR DAN  PENGANUGERAHAN KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK 

04 - 05 November 

Istana Presiden/Wakil Presiden RI

Divisi Data Info ( PPID)

LSM BASMALA  Bangsel berkunjung ke kantor Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura (BPWS) dalam rangka Koordinasi dan Perkenalan, rombongan BASMALA gerbong baru yang dikomandani oleh KH.  Akrom Umar   disambut baik oleh Sekretaris BPWS Sidik Wiyoto selaku Atasan PPID dan Ketua PPID Pandit Indrawan serta Kepala Divisi BPWS di kantor BPWS (11/08/2020)

Turut hadir juga bersama rombongan  Harun Al-Rasyid (Pembina BASMALA), KH. Amin (Wakil Ketua BASMALA), Sekretaris, Bendahara, Advocad serta Anggota BASMALA.

Harun Al-Rasyid menyampaikan BASMALA siap mendukung penuh BPWS dalam melaksanakan Tugas dan Fungsinya, demi kesejahteraan Masyarakat Madura. Kami akan Road show ke DPRD Jatim, Gubernur Jatim, Kementerian dan Presiden untuk menyampaikan Aspirasi bahwa Madura masih membutuhkan BPWS untuk mempercepat Pembangunan di Madura ,ucapnya

Sementara itu KH. Akrom Umar menyatakan akan mengevaluasi apa yang menjadi kendala kendepan dalam pembebasan lahan serta Pembangunan KKJSM. LSM Basmala siap membantu BPWS untuk mensukseskan pembangunan di KKJSM. Pernyataan tersebut diamini  oleh KH. Aminul Nawawi  orang Madura itu penurut dan ta’at pada tokoh formal dan non formal (kepala desa dan Kyai) dan keduanya punya pengaruh besar,ujarnya

Sidik Wiyoto menyambut dengan senang hati dukungan penuh dari BASMALA dan kedepan BPWS terus akan berkoordinasi dengan BASMALA serta tokoh formal maupun non formal guna mewujudkan pembanguan di Madura (tuturnya). Kami berharap LSM BASMALA dan masyarakat sekitar mendukung penuh pembangunan di KKJSM. Ibu Gubenur membutuhkan lahan seluas 101 Hektar untuk IISP dan BPWS sangat mendukung langkah Gubernur Jatim dalam pembangunan IISP di KKJSM,tambahnya.

Sementara itu Pandit Indrawan  Ketua PPID BPWS menyatakan  siap bersinergi dengan BASMALA guna adanya check and Balance dalam percepatan pembangunan Madura.

Sekretaris Badan Pelaksana BPWS Sidik Wiyoto memimpin tim PPID dalam menyampaikan Laporan layanan informasi Publik  BPWS kepada KI Jatim dan diterima oleh Ketua KI Jatim Imadoedin dan Komisioner KI Jatim Nur Aminuddin, Rabu (05/08) di kantor Komisi Informasi Jawa Timur. Sebagai badan publik BPWS mempunyai kewajiban dalam membuat laporan layanan informasi publik dan Salinan laporan disampaikan ke komisi informasi pusat, sesuai dengan amanat Undang Undang no.14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik dan Peraturan Komisi informasi no.1 Tahun 2010 tentang standar layanan informasi publik, Mengingat wilayah kerja BPWS di area Jawa Timur, maka Salinan laporan juga harus disampaikan ke Komisi informasi Jawa Timur.

Pada kesempatan tersebut, Ketua KI Jatim Imadoedin menyampaikan apresiatif terhadap BPWS yang telah menyampaikan laporan layanan informasi publik sesuai dengan Perki 01 Tahun 2010. Imadoedin juga menyampaikan terimakasih kepada sekretris BPWS sebagai atasan PPID yang telah berkomitmen tinggi dalam mewujudkan pelayanan informasi publik yang baik dan informatif.

Sementara itu Ketua PPID BPWS Pandit indarawan menyampaikan terimakasih kepada Ketua KI Jatim yang selalu berkenan dan bersedia dalam melayani Koordinasi BPWS terkait keterbukaan informasi publik, dengan penuh optimis yang tinggi Pandit menyampaikan PPID BPWS selalu akan berinovasi dan berkolaborasi dengan Badan Publik yang lain atau instansi terkait dalam hal penyediaan dan pelayanan informasi publik sehingga menjadi Badan Publik yang Informatif ‘’tuturnya".(ts)